Wednesday, March 25, 2020

RPP K13 SMP MTs B.INDONESIA KELAS 9 SEMESTER 1 MATERI POKOK UNSUR PENGEMBANGAN CERPEN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : .
Mata Pelajaran          : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester          : IX/I
Materi Pokok             : Unsur Pembangun Cerpen
Alokasi Waktu           : 12 JP (5 kali pertemuan )


A.  Kompetensi Inti

KI-1            :Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2            :Menunjukkan  perilaku  jujur,  disiplin,  tanggung  jawab,  peduli  (toleran,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektifdengan  lingkungan  sosial  dan  alam  dalam  jangkauan  pergaulan  dan keberadaannya
KI-3            :Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4            : Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret  (menggunakan,
mengurai,  merangkai,  memodifikasi,  dan  membuat)  dan  ranah  abstrak (menulis,  membaca,  menghitung,  menggambar,  dan  mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar..
3.5.1    Mendata unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengarMengidentifikasi
3.5.2   Menjelaskan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek (cerpen)

4.5 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar.
4.5.1    Menjelaskan ciri-ciri cerpen
4.5.2  Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek yang dibaca atau didengarModel teks narasi (cerpen)


C.  Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.    Memahami pengertian cerpen dan cirinya


Pertemuan II:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi, diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.    Memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
2.    Menentukan tema dan alur/plot cerpen yang dibaca

Pertemuan III:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.    Menentukan tokoh dan wataknya dari cerpen yang dibaca

Pertemuan IV:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.    Menentukan latar (empat, waktu, dan suasana) dan sudut pandang deri cerpen yang dibaca.

Pertemuan V:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.      Menyimpulkan amanat/pesan dari cerpen yang dibaca.

D.  Materi Pembelajaran
1.    Materi Pembelajaran Reguler
a.    Karya fiksi (cerpen)
b.    Ciri-ciri cerpen
c.    Unsur intrinsi dan ekstrinsik cerpen
d.   Menentukan tema, alur/plot cerita
e.    Menentukan  latar/setting, tokoh, watak, dan sudut pandang dalam cerpen
f.     Menyimpulkan amanat/pesan cerpen

2.    Materi Pembelajaran Pengayaan
a.       Mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen

3.    Materi Pembelajaran Remedial
a.    Pengertian cerpen
b.    Ciri-ciri cerpen

E.  Metode Pembelajaran
Pertemuan 1           : Model Problem Based Learning
Pertemuan 2           : Model Discovery Learning
Pertemuan 3           : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Pertemuan 4           : Model Pembelajaran Kooperatif
Pertemuan 5           : Model Pembelajaran Kooperatif


F.   Media dan Bahan
1.    Media    :           Media audiovisual yang berkaitan dengan cerpen
2.    Bahan    :           teks cerpen

G. Sumber Belajar
Sumber Belajar       :
Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah, majalah dan internet

H.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Peserta       Didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.    Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.    Peserta       Didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
4.    Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang   lingkup   materi,   tujuan,   manfaat, langkah pembelajaran,metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan
5.    Guru bertanya mencari informasi tentang pengertian cerpen dan cirinya
6.    Guru  mengaitkan cerpen yang diajarkan dengan kehidupan nyata
10 menit
Inti
Langkah 1. Klarifikasi Masalah
1.          Guru  membagi    peserta  didik  menjadi            beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang
2.          Peserta didik dalam memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait  dengan  permasalahan  pengertian cerpen dan cirinya
3.          Peserta   didik   dalam   kelompok   mengamati tayangan  audiovisual  misalkan  tentang  masalah-masalah yang melibatkan  pengertian cerpen dan cirinya                                    
4.          Guru membagikan LK dan peserta didik membaca petunjuk,  mengamati  LK  (LK  berisi  tentang permasalahan  yang  berhubungan  dengan  pengertian cerpen dan cirinya
5.          Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan  dalam  LK  serta  guru  mempersilahkan peserta didik dalam kelompok lain untuk memberikan  tanggapan,  bila  diperlukan  guru memberikan bantuan komentar secara klasikal

Langkah 2. Brainstorming
6.          Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK (misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah pemecahan serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk bekerja sama untuk menyelesaikan masalah berkaitan dengan pengertian cerpen dan cirinya
7.          Peserta didik dalam kelompok melakukan brainstorming dengan cara sharing information, dan klarifikasi informasi tentang permasalahan yang terdapat dalam pengertian cerpen dan cirinya

Langkah 3. Pengumpulan Informasi dan Data
8.          Peserta didik masing-masing kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi tentang permasalahan berdasarkan petunjuk LK untuk:
9.          Menentukan pengertian cerpen dan 
10.      Mengidentifikasi ciri-cirinya cirri  cerpen
11.      Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan cerpen
12.      Peserta didik melakukan eksplorasi seperti dalam poin 6, dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata
13.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
14.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam  kelompok  untuk  masalah-masalah  yang dianggap sulit oleh peserta didik
15.      Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan dengan cermat         dan teliti   
Langkah 4. Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah
16.      Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah yang diberikan
17.      Peserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang pengertian cerpen dan cirinya
18.      Peserta didik dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang diberikan terkait pengertian cerpen dan cirinya

Langkah 5. Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah
19.      Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan
20.      Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

Langkah 6. Refleksi
21.      Peserta  didik  melakukan  refleksi,  resume  dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari terkait pengertian cerpen dan cirinya
22.      Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik
60 menit
Penutup
1.     Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah pengertian cerpen dan cirinya
2.     Melaksanakan  postes  pengertian cerpen dan cirinya
3.     Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
4.     Untuk  memberi  penguatan  materi  yang  telah  dipelajari,  guru  memberikan  arahan  untuk  mencari referensi  terkait  materi  yang  telah  dipelajari  baik melalui  buku-buku  di  perpustakaan  atau  mencari  di internet.
5.     Guru memberikan tugas
10 menit
Penugasan:
1.      Apa yang dimaksud dengan karya fiksi?
2.      Jelaskan pengertian dari cerpen!
3.      Sebutkan ciri-ciri cerpen!
4.      Berapa jumlah kata dalam cerpen?


Pertemuan 2 (Kedua) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.      Guru mengaitkan materi unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
4.      Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang   lingkup   materi,   tujuan,   manfaat,   langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
10 menit
Inti
Langkah 1. Merumuskan Pertanyaan
1.          Guru bertanya mencari informasi tentang unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
2.          Guru  meminta  peserta  didik  untuk  membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib
3.          Guru memberikan lembar kerja (LK yang berisi petunjuk  untuk  menemukan  dan  membuktikan unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
4.          Guru membimbing dan memberikan pertanyaan bagaimana  cara  menemukan  dan  membuktikan unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen dengan LK dan bahan yang telah diberikan sekaligus  memotivasi/mendorong peserta didik untuk menemukannya
                       
Langkah 2. Merencanakan
5.          Guru memberikan informasi terkait langkah-langkah pengumpulan dan menganalisis data terkait unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
6.          Peserta didik melakukan mengidentifikasi dan menganalisis LK dan bahan yang diberikan dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK

Langkah 3. Mengumpulkan Data dan Menganalisis Data
7.          Peserta didik dalam kelompok menggunakan bahan yang tersedia, misalkan melakukan pembuktian sesuai intruksi yang ada dalam LK dengan mensimulasikan unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
8.          Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan pembuktian pertama dan mengarahkan serta memotivasi peserta didik untuk membuktikan kembali dengan alat/bahan model lain yang berbeda
9.          Peserta didik dalam kelompok melakukan pengujian kembali dan mengolah data kembali dengan langkah yang sama dengan menggunakan model peraga lain untuk membuktikan tentang unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen (Analisis Data)               
10.      Setelah  diskusi  selesai,  beberapa  perwakilan kelompok  menyajikan  secara  tertulis  dan  lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan            

Langkah 4. Aplikasi dan Tindak Lanjut
11.      Peserta  didik  memeriksa  secara  cermat  untuk membuktikan   benar   atau   tidaknya   tentang pembuktian  penemuan  tentang  unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen dengan hasil data yang telah diolah.      
12.      Guru  memberikan  kesempatan  kepada  peserta didik  untuk  menemukan  konsep,  teori,  aturan melalui  contoh-contoh  dalam  kehidupan  sehari-hari.  Berdasarkan  hasil  percobaan,  pengolahan dan analisis data, peserta didik dapat mengecek hipotesis  yang  diajukan  apakah  terbukti  atau tidak.
13.      Perwakilan beberapa kelompok mempresentasikan  dengan  membuat  kesimpulan dari  hasil  penemuan  dalam  hasil  pembuktian tentang  unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
14.      Guru  dan  peserta  didik  memberikan  tanggapan hasil  presentasi  meliputi  tanya  jawab  untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

90 menit
Penutup
1.    Peserta   didik   menyimpulkan   materi   yang   telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali
2.    Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.    Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan
4.    Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai  pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah bahasa Indonesia  yang  berkaitan  dengan  unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
5.    Melaksanakan  postes  terkait  tentang  unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
6.    Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.    Untuk  memberi  penguatan  materi  yang  telah  dipelajari,  guru  memberikan  arahan  untuk  mencari referensi terkait materi  yang           telah  dipelajari  baik melalui  buku-buku  di  perpustakaan  atau  mencari  di internet.
8.    Guru memberikan tugas
20 menit
Penugasan:
1.      Apa yang dimaksud dengan unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik!
2.      Sebutkan unsur-unsur intrinsik cerita!
3.      Jelaskan pengertian dari tema, alur/plot, latar/setting?
4.      Apa yang dimaksud dengan tokoh, penokohan?
5.      Apa yang dimaksud dengan sudut pandang dan amanat?


Pertemuan 3 (Ketiga) (2 Jam Pelajaran/80 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.    Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.    Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
10 menit
Inti
Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa
1.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
2.         Guru bertanya mencari informasi tentang tema, alur/plot cerita, dan peserta didik menjawab
3.         Guru mengaitkan materi tentang tema, alur/plot cerita yang diajarkan dengan kehidupan nyata

Langkah 2. Menyajikan Informasi
4.         Peserta didik diminta guru untuk mengamati tayangan gambar/video misalkan tentang petunjuk yang harus dilakukan berkaitan masalah yang diberikan dalam LK

Langkah 3. Mengorganisasikan Siswa ke dalam Kelompok-kelompok Belajar
5.         Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib
6.         Guru memberikan media dan Lembar Kerja (LK yang berisikan tentang permasalahan:
a.    tema, alur/plot cerita
7.         Peserta didik membaca petunjuk dan mengamati LK yang diberikan oleh guru        
8.         Tiap peserta dalam kelompok asal mengamati LK materi yang berbeda yaitu:
a.    tema, alur/plot cerita
9.         Tiap peserta dari berbagai kelompok yang mempunyai permasalahan materi yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli) dan mempelajari  dan  memahami  masalah  secara bersama
10.     Guru memberikan motivasi peserta didik dalam kelompok  ahli  untuk  memberikan  pertanyaan terkait masalah yang mereka diskusikan
11.     Peserta didik dalam kelompok ahli saling bertanya dan menjawab berdasarkan asumsi mereka.
12.     Peserta didik dalam kelompok ahli melakukan diskusi pembahasan berdasarkan  permasalahan yang sama, meliputi materi:
a.    tema, alur/plot cerita
13.     Peserta didik dalam kelompok ahli menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami 

Langkah 4. Membimbing Kelompok Bekerja dan Belajar
14.     Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok ahli untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
15.     Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok ahli  untuk  menghimpun  materi  yang  sudah dipelajari dan cermat dalam pemecahan masalah yang diberikan
16.     Setelah diskusi dari kelompok ahli selesai, peserta didik  anggota  kelompok  ahli  kembali  kepada kelompok  asal  dan  dalam  kelompok  tersebut secara  bergantian  menjelaskan  tentang  sub  bab yang telah mereka pelajari dalam kelompok ahli, dimana  anggota  yang  lain  memperhatikan  dan mengeksplor penjelasan dari teman mereka yang sedang menjelaskan.
17.     Peserta     didik   dalam   kelompok   ahli setelah melakukan   pemahaman   maupun   dari   hasil eksplorasi  maka  dalam  diskusi  kelompok  asal, tiap peserta didik mampu:
a.    tema, alur/plot cerita
18.     Peserta  didik  dalam  kelompok  masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang materi tersebut.

Langkah 5. Melakukan Evaluasi
19.     Beberapa perwakilan kelompok asal menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari dalam diskusi
20.     Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

Langkah 6. Memberikan Penghargaan
21.     Guru memberikan apresiasi dan meminta peserta didik pada kelompok yang lain untuk memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah presentasi
22.     Peserta didik melakukan resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan   yang   diperoleh   maupun   sikap lainnya   dari   hasil   pembelajaran   yang   telah dilakukan.

60 menit
Penutup
1.         Peserta   didik     menyimpulkan materi yang telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali
2.         Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.         Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan
4.         Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah bahasa Indonesia  yang  berkaitan  dengan  tema dan alur/plot cerita
5.         Melaksanakan  postes  terkait  tema dan alur/plot cerita Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
6.         Untuk  memberi  penguatan  materi  yang  telah  di pelajari,  guru  memberikan  arahan  untuk  mencari referensi  terkait  materi  yang  telah  dipelajari  baik melalui  buku-buku  di  perpustakaan  atau  mencari  di internet.
7.         Guru memberikan tugas

Penugasan:
1.      Apa tema dari cerpen yang kalian baca?
2.      Jelaskan tahapan alur dari cerpen tersebut!
3.      Jenis alur apakah yang digunakan dalam cerpen itu?
4.      Tunjukkan bagian klimaks dari cerpen tersebut!




Pertemuan 4 (Keempat) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.     Peserta   didik   melakukan   do’a   sebelum         belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.     Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
10 menit
Inti
Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa
1.          Peserta   didik   menerima   informasi tentang pembelajaran  yang  akan  dilaksanakan  dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
2.          Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
3.          Guru bertanya mencari informasi tentang latar/setting, tokoh, watak, dan sudut pandang dalam cerpen dan peserta didik menjawab
4.          Guru mengaitkan materi laporan hasil pengamatan dengan kehidupan nyata

Langkah 2. Menyajikan Informasi
5.          Guru meminta semua peserta didik yang ada dalam kelompok untuk memperhatikan tampilan keseharian yang berkaitan dengan latar/setting, tokoh, watak, dan sudut pandang dalam cerpen melalui tayangan infokus/video

Langkah 3. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
6.          Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib
7.          Guru memberikan lembar kerja (LK) yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
8.          Guru membimbing kelompok diskusi dalam mengerjakan LK yang telah diberikan
9.          Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK
10.      Peserta didik masing-masing kelompok dalam kelompok untuk membahas dan berdiskusi berdasarkan petunjuk LK tentang:
a.    latar/setting, tokoh, watak, dan sudut pandang dalam cerpen

Langkah 4. Membimbing Kelompok bekerja dan belajar
11.      Guru berkeliling melakukan bimbingan kepada kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan arahan untuk mengerjakan LK dengan media yang telah disediakan

Langkah 5. Melakukan Evaluasi
12.      Setelah diskusi selesai, beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan

Langkah 6. Memberikan Penghargaan
13.      Guru memberikan penghargaan dengan memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah tampil mempresentasikan hasil diskusinya
14.      Guru dan peserta didik memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
90 menit
Penutup
1.    Peserta   didik        menyimpulkan materi yang telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali
2.    Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.    Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan
4.    Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai  pelatihan keterampilan          dalam menyelesaikan masalah bahasa Indonesia yang berkaitan dengan latar/setting, tokoh, watak, dan sudut pandang dalam cerpen
5.    Melaksanakan postes terkait latar/setting, tokoh, watak, dan sudut pandang dalam cerpen
6.    Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.    Untuk  memberi  penguatan  materi  yang  telah  di pelajari,  guru  memberikan  arahan  untuk  mencari referensi  terkait  materi  yang  telah  dipelajari  baik melalui  buku-buku  di  perpustakaan  atau  mencari  di internet.
8.    Guru memberikan tugas
20 menit
Penugasan:
1.    Sebutkan latar tempat dalam cerpen itu dan berikan bukti kalimatnya!
2.    Sebutkan latar waktu dalam cerpen itu dan berikan bukti kalimatnya!
3.    Sebutkan latar suasana dalam cerpen itu dan berikan bukti kalimatnya!
4.    Sebutkan para tokoh cerita dalam cerpen tersebut beserta wataknya!
5.    Sudut pandang apakah yang digunakan dalam cerpen tersebut?





Pertemuan 5 (Keempat) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.     Peserta   didik   melakukan   do’a   sebelum         belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.     Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
10 menit
Inti
Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa
1.          Peserta   didik   menerima   informasi tentang pembelajaran  yang  akan  dilaksanakan  dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
2.          Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
3.          Guru bertanya mencari informasi tentang amanat/pesan cerpen dan peserta didik menjawab
4.          Guru mengaitkan materi laporan hasil pengamatan dengan kehidupan nyata

Langkah 2. Menyajikan Informasi
5.          Guru meminta semua peserta didik yang ada dalam kelompok untuk memperhatikan tampilan keseharian yang berkaitan dengan amanat/pesan cerpen melalui tayangan infokus/video

Langkah 3. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
6.          Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib
7.          Guru memberikan lembar kerja (LK) yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
8.          Guru membimbing kelompok diskusi dalam mengerjakan LK yang telah diberikan
9.          Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK
10.      Peserta didik masing-masing kelompok dalam kelompok untuk membahas dan berdiskusi berdasarkan petunjuk LK tentang:
b.    amanat/pesan cerpen

Langkah 4. Membimbing Kelompok bekerja dan belajar
11.      Guru berkeliling melakukan bimbingan kepada kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan arahan untuk mengerjakan LK dengan media yang telah disediakan

Langkah 5. Melakukan Evaluasi
12.      Setelah diskusi selesai, beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan

Langkah 6. Memberikan Penghargaan
13.      Guru memberikan penghargaan dengan memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah tampil mempresentasikan hasil diskusinya
14.      Guru dan peserta didik memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
90 menit
Penutup
1.    Peserta   didik        menyimpulkan materi yang telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali
2.    Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.    Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan
4.    Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai  pelatihan keterampilan          dalam menyelesaikan masalah bahasa Indonesia yang berkaitan dengan amanat/pesan cerpen
5.    Melaksanakan postes terkait amanat/pesan cerpen
6.    Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.    Untuk  memberi  penguatan  materi  yang  telah  di pelajari,  guru  memberikan  arahan  untuk  mencari referensi  terkait  materi  yang  telah  dipelajari  baik melalui  buku-buku  di  perpustakaan  atau  mencari  di internet.
8.    Guru memberikan tugas
20 menit
Penugasan:
1.    Sebutkan perilaku yang patut dicontoh dari tokoh cerpen!
2.    Sebutkan perilaku yang tidak patut dicontoh dari tokoh cerpen!
3.    Sebutkan amanat atau pesan dari cerpen tersebut!
4.    Sebutkan para tokoh yang berperilaku baik!
5.    Sebutkan tokoh yang berperilaku tidak baik!


I.     Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Sikap spiritual
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning)

b.    Sikap sosial
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Observasi
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
berlangsung
Penilaian untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment for and
of learning)
2.
Penilaian
diri
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning)
3.
Penilaian
antar teman
Lembar Observasi (Catatan Jurnal)
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian sebagai
pembelajaran
(assessment as
learning)



c.    Pengetahuan
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Tes Tulis
Pilihan ganda, benar salah, menjodohkan,
isian, dan/atau
lainnya
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Penilaian untuk
pembelajaran
(assessment for
learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)






d.      Keterampilan
No.
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Butir
Instrumen
Waktu
Pelaksanaan
Keterangan
1.
Proyek
Masalah sehari-hari berkaitan dengan unsure pembangun cerpen
Carilah kegiatan di
sekitar kalian yang
berkaitan dengan
unsure-unsur pembangun cerpen.
Di luar PBM
selama satu
minggu
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning)

2.    Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.    bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b.    belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c.    pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.
3.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal PAS.






No comments:

Post a Comment