RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : .
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester : IX/I
Materi Pokok : Unsur Pembangun Cerpen
Alokasi Waktu : 12 JP (5 kali pertemuan
)
A. Kompetensi
Inti
KI-1 :Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
KI-2 :Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleran,
gotong
royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan
sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
KI-3 :Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya
sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar..
|
3.5.1 Mendata unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang
dibaca atau didengarMengidentifikasi
3.5.2 Menjelaskan unsur-unsur pembangun karya sastra
dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek (cerpen)
|
4.5 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya
sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau
didengar.
|
4.5.1 Menjelaskan ciri-ciri cerpen
4.5.2
Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya
sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek yang dibaca atau
didengarModel teks narasi (cerpen)
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.
Memahami pengertian cerpen dan cirinya
Pertemuan
II:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi, diskusi dan tanya jawab peserta
didik dapat:
1.
Memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
2.
Menentukan tema dan alur/plot cerpen yang dibaca
Pertemuan
III:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.
Menentukan tokoh dan wataknya dari cerpen yang dibaca
Pertemuan
IV:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.
Menentukan latar (empat, waktu, dan suasana) dan sudut pandang deri
cerpen yang dibaca.
Pertemuan
V:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1. Menyimpulkan amanat/pesan dari cerpen yang
dibaca.
D. Materi
Pembelajaran
1. Materi
Pembelajaran Reguler
a.
Karya fiksi (cerpen)
b.
Ciri-ciri cerpen
c.
Unsur intrinsi dan ekstrinsik cerpen
d.
Menentukan tema, alur/plot cerita
e.
Menentukan latar/setting, tokoh, watak, dan sudut pandang
dalam cerpen
f.
Menyimpulkan amanat/pesan cerpen
2.
Materi Pembelajaran Pengayaan
a.
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen
3.
Materi Pembelajaran Remedial
a.
Pengertian cerpen
b.
Ciri-ciri cerpen
E. Metode
Pembelajaran
Pertemuan
1 : Model Problem Based Learning
Pertemuan
2 : Model Discovery Learning
Pertemuan
3 : Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw
Pertemuan
4 : Model Pembelajaran
Kooperatif
Pertemuan
5 : Model Pembelajaran Kooperatif
F.
Media dan Bahan
1.
Media : Media audiovisual yang berkaitan
dengan cerpen
2.
Bahan : teks cerpen
G. Sumber
Belajar
Sumber
Belajar :
Buku
pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah, majalah dan internet
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
(Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta Didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang
peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan
peralatan yang diperlukan
3.
Peserta Didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan
dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi
sebelumnya.
4.
Peserta didik menerima informasi
tentang kompetensi, ruang
lingkup materi, tujuan,
manfaat, langkah pembelajaran,metode penilaian yang akan dilaksanakan
yang ditayangkan
5.
Guru bertanya mencari informasi
tentang pengertian cerpen dan cirinya
6.
Guru mengaitkan cerpen yang
diajarkan dengan kehidupan nyata
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1. Klarifikasi Masalah
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa
kelompok yang terdiri 4-5 orang
2.
Peserta didik dalam memperhatikan
dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan
permasalahan pengertian cerpen dan cirinya
3.
Peserta didik
dalam kelompok mengamati tayangan audiovisual
misalkan tentang masalah-masalah yang melibatkan pengertian cerpen dan cirinya
4.
Guru membagikan LK dan peserta
didik membaca petunjuk, mengamati LK
(LK berisi tentang permasalahan yang berhubungan
dengan pengertian cerpen dan cirinya
5.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang
belum dipahami dari masalah yang disajikan
dalam LK serta
guru mempersilahkan peserta
didik dalam kelompok lain untuk memberikan
tanggapan, bila diperlukan
guru memberikan bantuan komentar secara klasikal
Langkah 2. Brainstorming
6.
Peserta didik melakukan diskusi
dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK
(misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah pemecahan
serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk bekerja sama untuk
menyelesaikan masalah berkaitan dengan pengertian cerpen dan cirinya
7.
Peserta didik dalam kelompok
melakukan brainstorming dengan cara sharing information, dan
klarifikasi informasi tentang permasalahan yang terdapat dalam pengertian cerpen dan cirinya
Langkah 3. Pengumpulan Informasi
dan Data
8.
Peserta didik masing-masing
kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi tentang permasalahan
berdasarkan petunjuk LK untuk:
9.
Menentukan pengertian cerpen dan
10.
Mengidentifikasi ciri-cirinya cirri cerpen
11.
Menyelesaikan permasalahan
sehari-hari yang melibatkan cerpen
12.
Peserta didik melakukan eksplorasi
seperti dalam poin 6, dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan
kehidupan nyata
13.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai kesulitan yang di alami
peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang
belum dipahami
14.
Guru memberikan bantuan kepada
peserta didik dalam kelompok untuk
masalah-masalah yang dianggap
sulit oleh peserta didik
15.
Guru mengarahkan peserta didik
dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan dengan cermat dan teliti
Langkah
4. Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian
Masalah
16.
Guru meminta peserta didik untuk
mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan
masalah terkait masalah yang diberikan
17.
Peserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan
menyimpulkan tentang pengertian cerpen dan cirinya
18.
Peserta didik dalam kelompok
menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang diberikan terkait pengertian cerpen dan cirinya
Langkah 5. Presentasi Hasil
Penyelesaian Masalah
19.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah
dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah
dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil
diskusi dan pengamatan
20.
Peserta didik yang lain dan guru memberikan
tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengkonfirmasi,memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
Langkah 6. Refleksi
21.
Peserta didik
melakukan refleksi, resume
dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru
dari materi yang yang telah dipelajari terkait pengertian cerpen dan cirinya
22.
Guru memberikan apresiasi atas
partisipasi semua peserta didik
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam
menyelesaikan masalah pengertian
cerpen dan cirinya
2.
Melaksanakan postes
pengertian cerpen dan cirinya
3.
Peserta didik mendengarkan arahan
guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
4.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah dipelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
5.
Guru memberikan tugas
|
10 menit
|
Penugasan:
1.
Apa yang dimaksud
dengan karya fiksi?
2.
Jelaskan
pengertian dari cerpen!
3.
Sebutkan
ciri-ciri cerpen!
4.
Berapa jumlah
kata dalam cerpen?
|
Pertemuan 2
(Kedua) (3 Jam Pelajaran/120 menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik melakukan do’a
sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan
peralatan yang diperlukan
3.
Guru mengaitkan materi unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
4.
Peserta didik menerima informasi
tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki
keterkaitan dengan materi sebelumnya.
5.
Peserta didik menerima informasi
tentang kompetensi, ruang
lingkup materi, tujuan,
manfaat, langkah pembelajaran,
metode penilaian yang akan dilaksanakan
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1. Merumuskan Pertanyaan
1.
Guru bertanya mencari informasi
tentang unsur
intrinsik dan ekstrinsik cerpen
2.
Guru meminta
peserta didik untuk
membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang
secara tertib
3.
Guru memberikan lembar kerja (LK
yang berisi petunjuk untuk menemukan
dan membuktikan unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
4.
Guru membimbing dan memberikan
pertanyaan bagaimana cara menemukan
dan membuktikan unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
dengan LK dan bahan yang telah diberikan sekaligus memotivasi/mendorong peserta didik untuk
menemukannya
Langkah 2. Merencanakan
5.
Guru memberikan informasi terkait
langkah-langkah pengumpulan dan menganalisis data terkait unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
6.
Peserta didik melakukan
mengidentifikasi dan menganalisis LK dan bahan yang diberikan dalam kelompok
masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK
Langkah 3. Mengumpulkan Data dan
Menganalisis Data
7.
Peserta didik dalam kelompok
menggunakan bahan yang tersedia, misalkan melakukan pembuktian sesuai
intruksi yang ada dalam LK dengan mensimulasikan unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
8.
Guru mengajukan pertanyaan terkait
dengan pembuktian pertama dan mengarahkan serta memotivasi peserta didik
untuk membuktikan kembali dengan alat/bahan model lain yang berbeda
9.
Peserta didik dalam kelompok
melakukan pengujian kembali dan mengolah data kembali dengan langkah yang
sama dengan menggunakan model peraga lain untuk membuktikan tentang unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen (Analisis Data)
10.
Setelah diskusi
selesai, beberapa perwakilan kelompok menyajikan
secara tertulis dan
lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau
didiskusikan
Langkah 4. Aplikasi dan Tindak
Lanjut
11.
Peserta didik
memeriksa secara cermat
untuk membuktikan benar atau
tidaknya tentang pembuktian penemuan
tentang unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen dengan hasil data yang telah diolah.
12.
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk
menemukan konsep, teori,
aturan melalui contoh-contoh dalam
kehidupan sehari-hari. Berdasarkan
hasil percobaan, pengolahan dan analisis data, peserta didik
dapat mengecek hipotesis yang diajukan
apakah terbukti atau tidak.
13.
Perwakilan beberapa kelompok
mempresentasikan dengan membuat
kesimpulan dari hasil penemuan
dalam hasil pembuktian tentang unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
14.
Guru dan
peserta didik memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
|
90 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik
menyimpulkan materi yang
telah dipelajari dengan merespon
pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2.
Peserta didik merefleksi
penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan
materi.
3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan
4.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai
pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah bahasa Indonesia yang
berkaitan dengan unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
5.
Melaksanakan postes
terkait tentang unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
6.
Peserta didik mendengarkan arahan
guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah dipelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
8.
Guru memberikan tugas
|
20 menit
|
Penugasan:
1.
Apa yang dimaksud
dengan unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik!
2.
Sebutkan
unsur-unsur intrinsik cerita!
3.
Jelaskan pengertian
dari tema, alur/plot, latar/setting?
4.
Apa yang dimaksud
dengan tokoh, penokohan?
5.
Apa yang dimaksud
dengan sudut pandang dan amanat?
|
Pertemuan 3
(Ketiga) (2 Jam Pelajaran/80 menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik melakukan do’a
sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan
peralatan yang diperlukan
3.
Peserta didik menerima informasi
tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki
keterkaitan dengan materi sebelumnya.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan
Memotivasi Siswa
1.
Peserta didik menerima informasi
tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah
pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
2.
Guru bertanya mencari informasi tentang
tema, alur/plot cerita, dan peserta didik menjawab
3.
Guru mengaitkan materi tentang
tema, alur/plot cerita
yang diajarkan dengan kehidupan nyata
Langkah 2. Menyajikan Informasi
4.
Peserta didik diminta guru untuk
mengamati tayangan gambar/video misalkan tentang petunjuk yang harus
dilakukan berkaitan masalah yang diberikan dalam LK
Langkah 3. Mengorganisasikan Siswa
ke dalam Kelompok-kelompok Belajar
5.
Guru meminta peserta didik untuk
membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara
tertib
6.
Guru memberikan media dan Lembar
Kerja (LK yang berisikan tentang permasalahan:
a.
tema, alur/plot cerita
7.
Peserta didik membaca petunjuk dan
mengamati LK yang diberikan oleh guru
8.
Tiap peserta dalam kelompok asal
mengamati LK materi yang berbeda yaitu:
a.
tema,
alur/plot cerita
9.
Tiap peserta dari berbagai
kelompok yang mempunyai permasalahan materi yang sama membentuk kelompok baru
(kelompok ahli) dan mempelajari
dan memahami masalah
secara bersama
10.
Guru memberikan motivasi peserta
didik dalam kelompok ahli untuk
memberikan pertanyaan terkait
masalah yang mereka diskusikan
11.
Peserta didik dalam kelompok ahli
saling bertanya dan menjawab berdasarkan asumsi mereka.
12.
Peserta didik dalam kelompok ahli
melakukan diskusi pembahasan berdasarkan
permasalahan yang sama, meliputi materi:
a.
tema,
alur/plot cerita
13.
Peserta didik dalam kelompok ahli
menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan
kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
Langkah 4. Membimbing Kelompok
Bekerja dan Belajar
14.
Guru memberikan bantuan kepada
peserta didik dalam kelompok ahli untuk masalah-masalah yang dianggap sulit
oleh peserta didik
15.
Guru mengarahkan peserta didik
dalam kelompok ahli untuk menghimpun
materi yang sudah dipelajari dan cermat dalam pemecahan
masalah yang diberikan
16.
Setelah diskusi dari kelompok ahli
selesai, peserta didik anggota kelompok
ahli kembali kepada kelompok asal
dan dalam kelompok
tersebut secara bergantian menjelaskan
tentang sub bab yang telah mereka pelajari dalam
kelompok ahli, dimana anggota yang
lain memperhatikan dan mengeksplor penjelasan dari teman
mereka yang sedang menjelaskan.
17.
Peserta didik dalam kelompok
ahli setelah melakukan
pemahaman maupun dari
hasil eksplorasi maka dalam
diskusi kelompok asal, tiap peserta didik mampu:
a.
tema,
alur/plot cerita
18.
Peserta didik
dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk
dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang materi tersebut.
Langkah 5. Melakukan Evaluasi
19.
Beberapa perwakilan kelompok asal
menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah
dipelajari dalam diskusi
20.
Peserta didik yang lain dan guru
memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya.
Langkah 6. Memberikan Penghargaan
21.
Guru memberikan apresiasi dan
meminta peserta didik pada kelompok yang lain untuk memberikan tepuk tangan
kepada kelompok yang sudah presentasi
22.
Peserta didik melakukan resume dan
membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep
yang dipahami, keterampilan yang diperoleh
maupun sikap lainnya dari
hasil pembelajaran yang
telah dilakukan.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari
dengan merespon pertanyaan
guru yang sifatnya menuntun dan
menggali
2.
Peserta didik merefleksi
penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan
materi.
3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan
4.
Guru memberikan tugas mandiri
sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah bahasa Indonesia yang
berkaitan dengan tema dan alur/plot cerita
5.
Melaksanakan postes
terkait tema dan alur/plot cerita
Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
6.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah di pelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
7.
Guru memberikan tugas
|
|
Penugasan:
1.
Apa tema dari cerpen yang kalian baca?
2.
Jelaskan tahapan alur dari cerpen
tersebut!
3.
Jenis alur apakah yang digunakan dalam
cerpen itu?
4.
Tunjukkan bagian klimaks dari cerpen
tersebut!
|
Pertemuan 4
(Keempat) (3 Jam Pelajaran/120 menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik
melakukan do’a sebelum belajar
(meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan
peralatan yang diperlukan
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan
Memotivasi Siswa
1.
Peserta didik
menerima informasi tentang
pembelajaran yang akan
dilaksanakan dengan materi yang
memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
2.
Peserta didik menerima informasi
tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran,
metode penilaian yang akan dilaksanakan
3.
Guru bertanya mencari informasi
tentang latar/setting, tokoh, watak, dan sudut
pandang dalam cerpen dan peserta didik menjawab
4.
Guru mengaitkan materi laporan hasil pengamatan
dengan kehidupan nyata
Langkah 2. Menyajikan Informasi
5.
Guru meminta semua peserta didik
yang ada dalam kelompok untuk memperhatikan tampilan keseharian yang
berkaitan dengan latar/setting, tokoh, watak, dan sudut
pandang dalam cerpen melalui
tayangan infokus/video
Langkah
3. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
6.
Guru meminta peserta didik untuk
membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara
tertib
7.
Guru memberikan lembar kerja (LK)
yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
8.
Guru membimbing kelompok diskusi
dalam mengerjakan LK yang telah diberikan
9.
Peserta didik melakukan diskusi
dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK
10.
Peserta didik masing-masing
kelompok dalam kelompok untuk membahas dan berdiskusi berdasarkan petunjuk LK
tentang:
a.
latar/setting,
tokoh, watak, dan sudut pandang dalam cerpen
Langkah 4. Membimbing Kelompok
bekerja dan belajar
11.
Guru berkeliling melakukan
bimbingan kepada kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan arahan
untuk mengerjakan LK dengan media yang telah disediakan
Langkah 5. Melakukan Evaluasi
12.
Setelah diskusi selesai, beberapa
perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan
Langkah 6. Memberikan Penghargaan
13.
Guru memberikan penghargaan dengan
memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah tampil mempresentasikan
hasil diskusinya
14.
Guru dan peserta didik memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
90 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari
dengan merespon pertanyaan
guru yang sifatnya menuntun dan
menggali
2.
Peserta didik merefleksi
penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan
materi.
3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan
4.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai
pelatihan keterampilan dalam
menyelesaikan masalah bahasa Indonesia yang berkaitan dengan latar/setting, tokoh, watak, dan sudut pandang dalam cerpen
5.
Melaksanakan postes terkait latar/setting, tokoh, watak, dan sudut pandang dalam
cerpen
6.
Peserta didik mendengarkan arahan
guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah di pelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
8.
Guru memberikan tugas
|
20 menit
|
Penugasan:
1.
Sebutkan latar tempat dalam cerpen itu dan berikan bukti kalimatnya!
2.
Sebutkan latar waktu dalam cerpen itu dan berikan bukti kalimatnya!
3.
Sebutkan latar suasana dalam cerpen itu dan berikan bukti kalimatnya!
4.
Sebutkan para tokoh cerita dalam cerpen tersebut beserta wataknya!
5.
Sudut pandang apakah yang digunakan dalam cerpen tersebut?
|
Pertemuan 5 (Keempat) (3
Jam Pelajaran/120 menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik
melakukan do’a sebelum belajar
(meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan
peralatan yang diperlukan
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan
Memotivasi Siswa
1.
Peserta didik
menerima informasi tentang
pembelajaran yang akan
dilaksanakan dengan materi yang
memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
2.
Peserta didik menerima informasi
tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah
pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
3.
Guru bertanya mencari informasi
tentang amanat/pesan cerpen
dan peserta didik menjawab
4.
Guru mengaitkan materi laporan hasil pengamatan
dengan kehidupan nyata
Langkah 2. Menyajikan Informasi
5.
Guru meminta semua peserta didik
yang ada dalam kelompok untuk memperhatikan tampilan keseharian yang
berkaitan dengan amanat/pesan cerpen
melalui tayangan infokus/video
Langkah
3. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
6.
Guru meminta peserta didik untuk
membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara
tertib
7.
Guru memberikan lembar kerja (LK)
yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
8.
Guru membimbing kelompok diskusi
dalam mengerjakan LK yang telah diberikan
9.
Peserta didik melakukan diskusi
dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK
10.
Peserta didik masing-masing
kelompok dalam kelompok untuk membahas dan berdiskusi berdasarkan petunjuk LK
tentang:
b.
amanat/pesan
cerpen
Langkah 4. Membimbing Kelompok
bekerja dan belajar
11.
Guru berkeliling melakukan
bimbingan kepada kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan arahan
untuk mengerjakan LK dengan media yang telah disediakan
Langkah 5. Melakukan Evaluasi
12.
Setelah diskusi selesai, beberapa
perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan
Langkah 6. Memberikan Penghargaan
13.
Guru memberikan penghargaan dengan
memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah tampil mempresentasikan
hasil diskusinya
14.
Guru dan peserta didik memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
90 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari
dengan merespon pertanyaan
guru yang sifatnya menuntun dan
menggali
2.
Peserta didik merefleksi
penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan
materi.
3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan
4.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai
pelatihan keterampilan dalam
menyelesaikan masalah bahasa Indonesia yang berkaitan dengan amanat/pesan cerpen
5.
Melaksanakan postes terkait amanat/pesan cerpen
6.
Peserta didik mendengarkan arahan
guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah di pelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
8.
Guru memberikan tugas
|
20 menit
|
Penugasan:
1.
Sebutkan perilaku yang patut dicontoh dari tokoh cerpen!
2.
Sebutkan perilaku yang tidak patut dicontoh dari tokoh cerpen!
3.
Sebutkan amanat atau pesan dari cerpen tersebut!
4.
Sebutkan para tokoh yang berperilaku baik!
5.
Sebutkan tokoh yang berperilaku tidak baik!
|
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a. Sikap
spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Lembar
Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian
untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment
for and
of
learning)
|
b. Sikap
sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Lembar
Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian
untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment
for and
of
learning)
|
2.
|
Penilaian
diri
|
Lembar
Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
sebagai
pembelajaran
(assessment
as
learning)
|
3.
|
Penilaian
antar
teman
|
Lembar
Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
sebagai
pembelajaran
(assessment
as
learning)
|
c. Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Tes
Tulis
|
Pilihan
ganda, benar salah, menjodohkan,
isian,
dan/atau
lainnya
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
untuk
pembelajaran
(assessment
for
learning)
dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
d. Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Proyek
|
Masalah sehari-hari berkaitan dengan unsure pembangun cerpen
|
Carilah kegiatan di
sekitar kalian yang berkaitan dengan unsure-unsur pembangun cerpen. |
Di luar PBM
selama satu minggu |
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning)
|
2. Pembelajaran
Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan
harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan
pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.
bimbingan
perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b.
belajar
kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal
PAS.
No comments:
Post a Comment