Lampiran 1
Pedoman Wawancara
Wawancara dengan Kepala Sekolah MTs Nurul Hikmah Cijaku
Tempat : MTs Nurul Hikmah Cijaku
Hari/Tanggal : Senin 04 November 2019
Narasumber : Kepala Sekolah MTs Nurul Hikmah Cijaku
Topik :
Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kompotensi Padagogik Guru Di MTs
Nurul Hikmah Cijaku
1.
Apa peran kepala
sekolah dalam peningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah
Cijaku.?
2.
Apakah segala
kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan rencanakan sesuai dengan rencana atau
program yang telah ditetapkan oleh pemerintah.?
3.
Apa saja upaya yang
dilakukan kepala sekolah dalam peningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs
Nurul Hikmah Cijkau?
4.
Apakah kepala
sekolah mempunyai program tersendiri dalam menjalankan perannya dalam peningkatkan
mutu kompetensi padagogik guru.?
5.
Apa strategi yang diterapkan
kepala sekolah dalam peningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs nurul Hikmah
Cijaku
6.
Apakah ada
pelatihan-pelatihan untuk peningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs Nurul
Hikmah Cijaku?
7.
Apakah guru di MTs
Nurul Hikmah Cijaku sudah mempunyai kompetensi padagogik guru dalam proses KBM?
8.
Seberapa baik guru
di MTs Nurul Hikmah menguasai kompotensi padagogik atau ilmu mengajar?
9.
Apa factor
penghambat dan pendukung dalam peningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs
Nurul Hikmah?
Pedoman Observasi
Tempat : MTs Nurul Hikmah Cijaku
Hari/Tanggal : Senin
04 November 2019
Narasumber : Kepala Sekolah MTs Nurul Hikmah Cijaku
Topik :
Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kompotensi Padagogik Guru Di MTs
Nurul Hikmah Cijaku
No.
|
Kegiatan
|
Hasil Observasi
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
|
Strategi Kepala
Sekolah MTs Nurul Hikmah Cijaku
|
√
|
|
1.
|
Mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru
tentang pembelajaran
|
√
|
|
2.
|
Mampu memotivasi guru dan siswa untuk disiplin dalam
belajar dan bekerja serta berprestasi
|
√
|
|
3.
|
Dapat merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengevalusi,
memimpin, dan mengendalikan progrm dan
realisasi program pendidikan sekolah
|
√
|
|
4.
|
Dapat merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan,
mengevaluasi, memimpin, dan mengendalikan program dan realisasi
program pengembangan guru di sekolah.
|
√
|
|
5.
|
Kepala sekolah dapat memiliki keahlian dasar dalam
memimpin sekolah.
|
√
|
|
6.
|
Kepala sekolah dapat memiliki
pengalaman dan pengetahuan
profesional tentang kepemimpinan.
|
√
|
|
7.
|
Kepala sekolah dapat memotivasi guru
dalam bekerja melalui pengaturan
lingkungan fisik kelas dan sekolah.
|
√
|
|
|
Kompotensi
padagogik guru
|
|
|
8.
|
Guru dapat memahami denganbaik ciri-ciri peserta didik.
|
√
|
|
9.
|
Guru dapat memahami potensi-potensi
anak didik
|
√
|
|
10.
|
Guru dapat menguasai berbagai model
dan strategi pembelajaran.
|
|
|
11.
|
Guru dapat menguasai pendekatan
pedagogik dalam permasalahan
pembelajaran.
|
√
|
|
12.
|
Guru dapat menilai kemajuan belajar
peserta didik secara total.
|
|
|
13.
|
Guru dapat melaksanakan kegiatan
pembelajaran sesuai isi kurikulum
|
|
√
|
14.
|
Guru dapat merancang rencana
pembelajaran yang sesuai dengan silabus
|
√
|
|
Pedoman Dokumentasi Blangko Cheklist
Tempat : MTs Nurul Himah Cijaku
Hari/Tanggal : 04 Nopember 2019
Narasumber : Kepala Sekolah MTs Nurul Hikmah Cijaku
No.
|
Dokumen yang
diperlukan
|
Cheklist
|
1.
|
Sejarah MTs Nurul Hikmah Cijaku
|
√
|
2.
|
Profil MTs Nurul Hikmah Cijaku
|
√
|
3.
|
Visi dan misi MTs Nurul Hikmah Cijaku
|
√
|
4.
|
Data siswa dan kelas MTs Nurul Hikmah Cijaku
|
√
|
5.
|
Data tenaga dan tata usaha MTs Nurul Hikmah Cijaku
|
√
|
Lampiran 2
Catatan Lapangan Hasil Wawancara
Tempat : MTs Nurul Hikmah Cijaku
Hari/Tanggal : Senin
04 November 2019
Narasumber : Kepala Sekolah MTs Nurul Hikmah Cijaku
Topik :
Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kompotensi Padagogik Guru Di MTs
Nurul Hikmah Cijaku
No.
|
Hari/Tanggal
|
Personal
|
Isi Wawancara
|
1.
|
04 Nopember 2019
|
Peneliti
|
Apa peran kepala sekolah dalam peningkatkan kompetensi
padagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku.?
|
Informan
|
Peran
saya sebagai kepala sekolah itu, salah satunya adalah sebagai supervisor.
Dimana supervisor atau kegiatan pengawasan sangat penting dilakukan setiap
kepala sekolah guna dalam rangka mengetahui sejauh mana guru itu mampu melaksanakan
pembelajaran di kelas
|
||
2.
|
04 Nopember 2019
|
Peneliti
|
Apakah segala kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan
rencanakan sesuai dengan rencana atau program yang telah ditetapkan oleh
pemerintah.?
|
Informan
|
Kepala
Sekolah harus menginformasikan langsung setiap program dari pemerintah yang
terlebih dahulu di proses pada dinas pendidikan, dan kemudian disampaikan
kepada pihak pengawas, dan pada akhirnya kembali disampaikan pada sekolah
tersebut
|
||
3.
|
04 Nopember 2019
|
Peneliti
|
Apa saja upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam
meningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijkau?
|
Informan
|
Salah
satu upayanya adalah selalu memotivasi guru, dikarenakan banyak guru yang
sudah lanjut usia mengeluh karena ketidak sanggupannya lagi dalam mengajar.
Selain memotivasi, kita juga harus membantunya apa yang tidak dia mengerti
dalam hal pembelajaran.
|
||
4.
|
04 Nopember 2019
|
Peneliti
|
Apakah kepala sekolah mempunyai program tersendiri
dalam menjalankan perannya dalam meningkatkan mutu kompetensi padagogik
guru.?
|
Informan
|
Dalam
pendidikan itu ada yang di namakan supervisi, dan dalam pegawai negeri ada
yang di namakan KKP (Kepenilaian Kinerja Pegawai). Kalau guru di namakan UKG
(Ujian Kompetensi Guru), kemudian di sekolah di namakan supervisi, supervisi
biasanya dilakukan setelah melakukan MGMP yang diadakan tiga bulan sekali.
|
||
5.
|
04 Nopember 2019
|
Peneliti
|
Apa strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam
meningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs nurul Hikmah Cijaku?
|
Informan
|
Dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru kepala
sekolah menggunakan strategi yang menunjang pada fasilitas atau kebutuhan
bagi guru. Maksudnya lebih berharap kepada guru yang sudah mengikuti
pelatihan. Agar mereka mau berbagi ilmu dan pengetahuan mereka kepada guru
yang belum melakukan pelatihan mengenai kompetensi pedagogik guru atau ilmu
dalam mengajar
|
||
6.
|
04 Nopember 2019
|
Peneliti
|
Apakah ada pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan
kompetensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku?
|
Informan
|
Banyak
pelatihan-pelatihan yang sudah dilakukan dalam meningkatkan kompetensi
pedagogik guru. Salah satu diantaranya adalah pelatihan yang berbentuk
komunikasi, yang kedua pelatihan tentang bagaimana belajar mengajar yang baik
sering disebut dengan training for trainer.
|
||
7.
|
04 Nopember 2019
|
Peneliti
|
Apakah guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku sudah mempunyai
kompetensi padagogik guru dalam proses KBM?
|
Informan
|
Dasar
guru memang dari pendidikan. Dan rata-rata guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku
sudah mempunyai kompetensi pedagogik, untuk proses yang dilakukan dalam
mengajar. Yang mana kompetensi pedagogik ini adalah ilmu mengajar.”
|
||
8.
|
04 Nopember 2019
|
Peneliti
|
Seberapa baik guru di MTs Nurul Hikmah menguasai
kompotensi padagogik atau ilmu mengajar?
|
Informan
|
Menurut saya kompetensi pedagogik guru di MTs Nurul
Hikmah Cijaku ini cukup baik. Dan sudah terjalankan meski tidak sepenuhnya,
diperkirakan hanya 90% atau 95%. Di karenakan masih ada guru yang hanya
menggunakan metode ceramah saja dalam proses belajar mengajar. Tanpa
menggunakan metode pembelajaran yang lainnya sehingga sering membuat peserta
didik mudah bosan dan mengantuk. Dan faktor penunjang kompetensi pedagogik
itu dapat saya jelaskan kembali bahwa guru disini mampu dalam menyusun RPP,
menggunakan metode dalam pembelajaran, membuat tujuan pembelajaran, dan mampu
melaksanakan evaluasi atau penilaian dalam pembelajaran.
|
||
9.
|
04 Nopember 2019
|
Peneliti
|
Apa factor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan
kompetensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah?
|
Informan
|
Faktor penghambat sudah jelas karena faktor fasilitas
sekolah yang masih kurang memadai karena sekolah ini berrsipat swasta ,
faktor pendukung sudah jelas kepala sekolah harus mensuport,Depertemen
pendidikan agama juga harus mensuport
guru-guru kita agar semangat mengajar tetap tinggi.
|
Lampiran 3
Dokumentasi Foto MTs Nurul Hikmah Cijaku
Wawancara dengan kepala sekolah MTs Nurul Hikmah Cijaku Bapak Jajuli, S.Ag.,M.Pd.
|
|
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
A.
Profil
Diri
1.
Data
Pribadi
Nama : Emun
Tempat/ Tanggal Lahir : Lebak, 05 Juli 1990
Alamat : Kp.Grilaya RT/RW
010/004 Ds.Malingping Utara Kec.Malingping Kab.Lebak-Banten
No. Hp : 081295466242
Email : Emunsadaya@gmail.com
2.
Data
Orang Tua
a.
Ayah
Nama : Nanang
Pekerjaan : Buruh Harian Lepas
b.
Ibu
Nama : Emah
Pekerjaan : IRT (Ibu Rumah Tangga)
B.
Profil
Pendidikan
TAHUN
1998 s/d2004 : SD NEGERI 1
MALINGPING UTARA
TAHUN
2008 s/d2011 : SMP NEGERI 4
SATAP MALINGPING
TAHUN
2011 s/d2015 : MA DAAR EL ISHLAH
MALINGPING
TAHUN
2016 s/d2020 : PROGRAM STUDI MPI
:
STAI NH LEBAK JAHA MALINGPING
LAMPIRAN-LAMPIRAN
No comments:
Post a Comment