Friday, March 27, 2020

pedoman wawancara skrifsi manjemen pendidikan


Lampiran 1
Pedoman Wawancara
Wawancara dengan Kepala Sekolah MTs Nurul Hikmah Cijaku
Tempat            : MTs Nurul Hikmah Cijaku
Hari/Tanggal   : Senin  04 November 2019
Narasumber     : Kepala Sekolah MTs Nurul Hikmah Cijaku
Topik               : Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kompotensi Padagogik Guru Di MTs Nurul Hikmah Cijaku
1.      Apa peran kepala sekolah dalam peningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku.?
2.      Apakah segala kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan rencanakan sesuai dengan rencana atau program yang telah ditetapkan oleh pemerintah.?
3.      Apa saja upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijkau?
4.      Apakah kepala sekolah mempunyai program tersendiri dalam menjalankan perannya dalam peningkatkan mutu kompetensi padagogik guru.?
5.      Apa strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam peningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs nurul Hikmah Cijaku
6.      Apakah ada pelatihan-pelatihan untuk peningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku?
7.      Apakah guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku sudah mempunyai kompetensi padagogik guru dalam proses KBM?
8.      Seberapa baik guru di MTs Nurul Hikmah menguasai kompotensi padagogik atau ilmu mengajar?
9.      Apa factor penghambat dan pendukung dalam peningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah?





Pedoman Observasi

Tempat            : MTs Nurul Hikmah Cijaku
Hari/Tanggal   : Senin  04 November 2019
Narasumber     : Kepala Sekolah MTs Nurul Hikmah Cijaku
Topik               : Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kompotensi Padagogik Guru Di MTs Nurul Hikmah Cijaku
No.
Kegiatan
Hasil Observasi
Ya
Tidak

Strategi Kepala Sekolah MTs Nurul Hikmah Cijaku

1.
Mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru tentang pembelajaran

2.
Mampu memotivasi guru dan siswa untuk disiplin dalam belajar dan bekerja serta berprestasi

3.
Dapat merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengevalusi, memimpin, dan mengendalikan progrm dan  realisasi program pendidikan sekolah

4.
Dapat merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengevaluasi, memimpin, dan mengendalikan program  dan  realisasi program pengembangan guru di sekolah.

5.
Kepala sekolah dapat memiliki keahlian dasar dalam memimpin sekolah.

6.
Kepala sekolah dapat memiliki
pengalaman dan pengetahuan
profesional tentang kepemimpinan.

7.
Kepala sekolah dapat memotivasi guru
dalam bekerja melalui pengaturan
lingkungan fisik kelas dan sekolah.


Kompotensi padagogik guru


8.
Guru dapat memahami denganbaik ciri-ciri peserta didik.

9.
Guru dapat memahami potensi-potensi
anak didik

10.
Guru dapat menguasai berbagai model
dan strategi pembelajaran.


11.
Guru dapat menguasai pendekatan
pedagogik dalam permasalahan
pembelajaran.

12.
Guru dapat menilai kemajuan belajar
peserta didik secara total.


13.
Guru dapat melaksanakan kegiatan
pembelajaran sesuai isi kurikulum

14.
Guru dapat merancang rencana
pembelajaran yang sesuai dengan silabus




















Pedoman Dokumentasi Blangko Cheklist

Tempat            : MTs Nurul Himah Cijaku
Hari/Tanggal   : 04 Nopember 2019
Narasumber     : Kepala Sekolah MTs Nurul Hikmah Cijaku
No.
Dokumen yang diperlukan
Cheklist
1.
Sejarah MTs Nurul Hikmah Cijaku
2.
Profil MTs Nurul Hikmah Cijaku
3.
Visi dan misi MTs Nurul Hikmah Cijaku
4.
Data siswa dan kelas MTs Nurul Hikmah Cijaku
5.
Data tenaga dan tata usaha MTs Nurul Hikmah Cijaku














Lampiran 2
Catatan Lapangan Hasil Wawancara
Tempat            : MTs Nurul Hikmah Cijaku
Hari/Tanggal   : Senin  04 November 2019
Narasumber     : Kepala Sekolah MTs Nurul Hikmah Cijaku
Topik               : Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kompotensi Padagogik Guru Di MTs Nurul Hikmah Cijaku
No.
Hari/Tanggal
Personal
Isi Wawancara
1.
04 Nopember 2019
Peneliti
Apa peran kepala sekolah dalam peningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku.?
Informan
Peran saya sebagai kepala sekolah itu, salah satunya adalah sebagai supervisor. Dimana supervisor atau kegiatan pengawasan sangat penting dilakukan setiap kepala sekolah guna dalam rangka mengetahui sejauh mana guru itu mampu melaksanakan pembelajaran di kelas
2.
04 Nopember 2019
Peneliti
Apakah segala kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan rencanakan sesuai dengan rencana atau program yang telah ditetapkan oleh pemerintah.?
Informan
Kepala Sekolah harus menginformasikan langsung setiap program dari pemerintah yang terlebih dahulu di proses pada dinas pendidikan, dan kemudian disampaikan kepada pihak pengawas, dan pada akhirnya kembali disampaikan pada sekolah tersebut
3.
04 Nopember 2019
Peneliti
Apa saja upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijkau?
Informan
Salah satu upayanya adalah selalu memotivasi guru, dikarenakan banyak guru yang sudah lanjut usia mengeluh karena ketidak sanggupannya lagi dalam mengajar. Selain memotivasi, kita juga harus membantunya apa yang tidak dia mengerti dalam hal pembelajaran.
4.
04 Nopember 2019
Peneliti
Apakah kepala sekolah mempunyai program tersendiri dalam menjalankan perannya dalam meningkatkan mutu kompetensi padagogik guru.?
Informan
Dalam pendidikan itu ada yang di namakan supervisi, dan dalam pegawai negeri ada yang di namakan KKP (Kepenilaian Kinerja Pegawai). Kalau guru di namakan UKG (Ujian Kompetensi Guru), kemudian di sekolah di namakan supervisi, supervisi biasanya dilakukan setelah melakukan MGMP yang diadakan tiga bulan sekali.
5.
04 Nopember 2019
Peneliti
Apa strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs nurul Hikmah Cijaku?
Informan
Dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru kepala sekolah menggunakan strategi yang menunjang pada fasilitas atau kebutuhan bagi guru. Maksudnya lebih berharap kepada guru yang sudah mengikuti pelatihan. Agar mereka mau berbagi ilmu dan pengetahuan mereka kepada guru yang belum melakukan pelatihan mengenai kompetensi pedagogik guru atau ilmu dalam mengajar
6.
04 Nopember 2019
Peneliti
Apakah ada pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku?
Informan
Banyak pelatihan-pelatihan yang sudah dilakukan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Salah satu diantaranya adalah pelatihan yang berbentuk komunikasi, yang kedua pelatihan tentang bagaimana belajar mengajar yang baik sering disebut dengan training for trainer.
7.
04 Nopember 2019
Peneliti
Apakah guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku sudah mempunyai kompetensi padagogik guru dalam proses KBM?
Informan
Dasar guru memang dari pendidikan. Dan rata-rata guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku sudah mempunyai kompetensi pedagogik, untuk proses yang dilakukan dalam mengajar. Yang mana kompetensi pedagogik ini adalah ilmu mengajar.”
8.
04 Nopember 2019
Peneliti
Seberapa baik guru di MTs Nurul Hikmah menguasai kompotensi padagogik atau ilmu mengajar?
Informan
Menurut saya kompetensi pedagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku ini cukup baik. Dan sudah terjalankan meski tidak sepenuhnya, diperkirakan hanya 90% atau 95%. Di karenakan masih ada guru yang hanya menggunakan metode ceramah saja dalam proses belajar mengajar. Tanpa menggunakan metode pembelajaran yang lainnya sehingga sering membuat peserta didik mudah bosan dan mengantuk. Dan faktor penunjang kompetensi pedagogik itu dapat saya jelaskan kembali bahwa guru disini mampu dalam menyusun RPP, menggunakan metode dalam pembelajaran, membuat tujuan pembelajaran, dan mampu melaksanakan evaluasi atau penilaian dalam pembelajaran.
9.
04 Nopember 2019
Peneliti
Apa factor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kompetensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah?
Informan
Faktor penghambat sudah jelas karena faktor fasilitas sekolah yang masih kurang memadai karena sekolah ini berrsipat swasta , faktor pendukung sudah jelas kepala sekolah harus mensuport,Depertemen pendidikan agama  juga harus mensuport guru-guru kita agar semangat mengajar tetap tinggi.
Lampiran 3
Dokumentasi Foto MTs Nurul Hikmah Cijaku
Wawancara dengan kepala sekolah MTs Nurul Hikmah Cijaku Bapak Jajuli, S.Ag.,M.Pd.





DAFTAR RIWAYAT HIDUP
A.    Profil Diri
1.      Data Pribadi
Nama                                 : Emun
Tempat/ Tanggal Lahir      : Lebak, 05 Juli 1990
Alamat                              : Kp.Grilaya RT/RW 010/004 Ds.Malingping Utara Kec.Malingping Kab.Lebak-Banten
No. Hp                              : 081295466242
Email                                 : Emunsadaya@gmail.com
2.      Data Orang Tua 
a.      Ayah
Nama                           : Nanang
Pekerjaan                     : Buruh Harian Lepas
b.      Ibu
Nama                           : Emah
Pekerjaan                     : IRT (Ibu Rumah Tangga)
B.     Profil Pendidikan
TAHUN 1998 s/d2004           : SD NEGERI 1 MALINGPING UTARA
TAHUN 2008 s/d2011           : SMP NEGERI 4 SATAP MALINGPING
TAHUN 2011 s/d2015           : MA DAAR EL ISHLAH MALINGPING
TAHUN 2016 s/d2020           : PROGRAM STUDI MPI
                                                : STAI NH LEBAK JAHA MALINGPING












LAMPIRAN-LAMPIRAN

No comments:

Post a Comment