Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Pengalaman
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami
identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA : Mengenal cara mememlihara lingkungan agar
tetap sehat
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Menggunakan
pengukuran waktu dan panjang
5. Bahasa
Indonesia :
·
Mendengarkan
: Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·
Berbicara
: Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan
dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh,
dan deklamasi.
·
Membaca : Memahami teks pendek
dengan membaca nyaring.
·
Menulis
: Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengapresiasi karya seni tari.
7. Basa Sunda : Mampu menyimak (ngaregepkeun) memahami, serta
menanggapi
berbagai bunyi bahasa (sora basa) dongeng, dan
perintah (parentah )
sederhana
Kompetensi Dasar
:
1.
IPS :
·
Menceritakan
pengalaman
·
Menceritakan
kasih sayang antar anggota keluarga.
2. IPA :
·
Mengenal
cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
3. PKN :
·
Memberikan
contoh hidup rukun melalui kegiatan di
rumah maupun di sekolah.
4. Matematika :
·
Menentukan
waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)
5.
Bahasa Indonesia :
·
Membedakan
bunyi bahasa
·
Mendeklamasikan
puisi dengan lafal dan intonasi yang
sesuai.
·
Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan
lafal yang tepat.
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan
bentuk huruf.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Mencontoh
huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku
atau papan tulis dengan benar.
·
Melengkapi
kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
6.
Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Menidentifikasi
fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat.
·
Menampilkan
gerak tari menurut tingkatan tinggi
rendah.
7.
Basa Sunda :
·
Menyimak
dongeng dibacakan guru.
Indikator :
1.
IPS :
·
Menceritakan
pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan .
·
Menjelaskan
kasih sayang orang tua kepada anaknya.
·
Menceritakan
hubungan kasih sayang antar anggota keluarga.
2.
IPA :
·
Menjelaskan
cara membersihkan rumah dan halaman.
·
Melakukan
perawatan kebersihan di sekolah.
·
Menyebutkan
alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.
3.
PKN :
·
Menceritakan
manfaat hidup rukun dalam keluarga.
·
Membandingkan
antara hidup rukun dan tidak rukun.
·
Menjelaskan
akibat jika tidak menjaga kerukunan.
4.
Matematika :
·
Memberi
contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang, dan malam hari.
·
Mengurutkan
nama-nama hari dalam seminggu.
·
Mengenal
nama-nama bulan dalam setahun.
·
Membaca
tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding) jam pas.
·
Menggambar
jam sesuai dengan kegiatan
·
Menentukan
letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.
5.
Bahasa Indonesia.
·
Membedakan
berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat.
·
Mendeklamasikan
puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan mimik yang
sesuai.
·
Mengungkapkan
perasaan tentang peristiwa yang dialami.
·
Mengenali
huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat
sederhana.
·
Membaca
nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.
·
Menjiplak
berbagai bentuk huruf dan gambar.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·
Menyalin
/ mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar
dengan menggunakan huruf lepas.
·
Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan
menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
5.
Seni Budaya dan Keterampilan. :
·
Menyebutkan
bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat.
·
Mengidentifikasi
gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya.
·
Mengidentifikasi
gerak tiruan hewan yang dapat terbang
·
Mengidentifikasi
gerak tiruan tumbuhan.
7. Basa Sunda
:
·
Mendengarkan
dongeng yang dibacakan guru dengan sungguh-sungguh.
·
Menyebutkan
tokoh dalam dongeng
·
Melakukan
tanya jawab tentang isi dongeng
·
Memperagakan
tokoh dalam dongeng.
·
Menyebutkan
watak tokoh yang dapat diteladani.
I. Tujuan
Pembelajaran :
·
Siswa
dapat menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan..
·
Siswa
dapat menjelaskan menjelaskan kasih sayang orang tua.
·
Siswa
dapat Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.
·
Siswa
dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan rumah dan sekolah..
·
Siswa
dapat menjelaskan manfaat hidup rukun.
·
Siswa
dapat membandingkan anatara hidup rukundan tidak rukun..
·
Siswa
dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan.
·
Siswa
dapat memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang dan
malam hari.
·
Siswa
dapat mengurutkan nama –nama hari, bulan dan membaca jam pas.
·
Siswa
dapat menggambar jam dan meletakkan jarum jam sesuai kegiatan.
·
Siswa
dapat mendeklamasikan puisi.
·
Siswa
dapat mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami..
·
Siswa
dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang
benar.
·
Siswa
dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk
huruf/ tulisan yang baik.
·
Siswa
dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
·
Siswa
dapat menyebutkan macam-macam gerakan di tempat dan gerakan berpindah tempat
·
Siswa
dapat mendengarkan dongeng dan menceritakan kembali isi dongeng.
.
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Peristiwa
masa kecil
·
Perawatan
dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah..
·
Hidup
rukun dalam perbedaan.
·
Satuan
pengukuran.
·
Pengucapan
bunyi
·
Puisi
anak
·
Membaca
nyaring.
·
Menjiplak
dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.
·
Unsur-unsur
gerak tari bersumber dari gerak hewan, tumbuhan, dan bunyi iringan tari..
·
Dongeng
sasatoan
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
·
Mengingatkan pada pelajaran
yang lalu.
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
·
Mengamati
dua gambar rumah yang bersih dan kotor.
·
Menyatakan
pendapatnya tentang gambar yang ditampilkan.
·
Membedakan
dan memilih gambar mana yang disukai.
- Melalui cerita yang disampaikan guru siswa termotivasi untuk menjelaskan cara membersihkan rumah.
- Menyebutkan keuntungan dari membersihkan lingkungan rumah.
- Melalui model/ gambar yang menceritakan hidup rukun, siswa menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
- Menjelaskan sikap yang dapat menjaga kerukunan dalam keluarga.
- Menjelaskan sikap yang tidak terpuji yang dapat menghancurkan kerukunan.
- Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk menyebutkan contoh kegiatan yang dilakukan anak-anak pada pagi hari.
- Menjelaskan kegiatan yang dilakukan orang tua pada pagi hari.
- Mengisi tabel kegiatan.
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika )
·
Melalui alat, siswa
mendengarkan suara binatang.
·
Menyebutkan nama binatang yang
ditiru suaranya.
·
Memperagakan gerakan binatang
yang ditiru suaranya.
·
Melalui motivasi guru, siswa
mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan.
·
Menceritakan peristiwa yang
menyenangkan yang diabadikan melalui foto.
·
Memberikan pendapat pada cerita
yang disampaikan.
·
Menjelaskan
kegiatan yang dilakukan pada siang hari oleh anak-anak.
·
Menjelaskan
kegiatan yang dilakukanorang tua pada siang hari.
·
Membuat
tabel kegiatan.
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Melalui
tiruan suara binatang, siswa menjelaskan ciri-ciri dari binatang yang ditiru
suaranya.
·
Memperagakan
gerakan binatang yang ditiru suaranya.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh
kegiatan yang dapat dilakukan pada malam hari.
·
Menyususuntabel
kegiatan.
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Mealui
motivasi guru siswa dapat mendeklamasikan lagu anak.
·
Mendeklamasikan
lagu anak tanpa melihat catatan.
·
Mendeklamasikan
lagu anak secara klasikal.
·
Melalui
pengalaman dan penjelasan guru, siswa menyebutkan nam –nama hari secara
berurut.
·
Menjelaskan
kegiatan yang biasa dilakukan pada tiap-tiap hari.
·
Menjelaskan
kegiatan sekoalh pada hari-hari tertentu.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Membuat
daftar kegiatan siswa setiap hari.
·
Menyusun
rencana kegiatan pada hari-hari tertentu.
·
Mengerjakan
soal latihan.
·
Mendeklamasikan lagu anak dengan suara nyaring secara
individual.
·
Mengungkapkan
perasaan ketika mendeklamasikan lagu tersebut.
·
Mmeberikan
pendapat ketika temannya berdeklamasi.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
·
Memperagakan
gerakan melompat, pada gerakan tari yang diiring tepukan.
·
Memperagakan
gerakan melenggang pada gerakan tari yang diiringi tepukan.
·
Memperagakan
gerakan melangkahkan kaki pada gerakan tari yang diiringi tepukan
·
Menceritakan
isi puisi / deklamasi.
·
Melakukan
tanya jawab tentang deklamsi tersebut.
·
Membuat
kesimpulan tentang isi puisi/ lgu yang dideklamasikan.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
- Melalui contoh peragaan membersihkan kelas, siswa termotivasi untuk menjelaskan manfaat dari membersihkan sekolah.
- Memperagakan cara membersihkan kelas.
- Menyebutkan bagian kelas yang dapat dibersihkan.
- Setelah mendengarkan cerita dalam gambar, siswa membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
- Menjelaskan kerugian bila kita tidak rukun dengan anggota keluarga atau teman.
- Mendiskusikan sikap yang baik agar tetap terjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
- Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa menyebutkan nama bulan dalam setahun.
- Menuliskan nama bulan kelahiran anggota keluarganya.
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika )
·
Melalui cerita guru, siswa
termotivasi untuk mennyampaikan peristiwa penting yang dialami sehari di
sekolah.
·
Mendengarkan dengan
sungguh-sungguh ketika temannya bercerita.
·
Melalui
pengalaman, siswa dapat menjelaskan tentang kasih sayang orang tua tidak ada
yang menggantikannya.
·
Menyebutkan
bukti kasih sayang orang tua terhadap anaknya.
·
Menyebutkan
sikap yang terpuji seorang anak kepada orang tuanya.
·
Mengucapkan
doa yang khusus untuk orang tua.
·
Menyusun
kegiatan, peristiwa pada tiap bulannya.
·
Menuliskan
nama bulan kelahiran temannya.
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Mengamati kartu huruf yang sudah dipelajari dan
dirangkai menjadi kata.
·
Membacanya
dengan suara nyaring.
·
Menyusun
huruf tambahan y,g,j dengan huruf yang sudah dipelajari.
·
Membuat
kata yang baru, yang disusun dari huruf lama dan huruf baru.
·
Membaca
susunan kata yang digabung menjadi kalimat sederhana.
·
Menyebutkan
nama bulan dalam setahun secara berurut dari bulan ke satu sampai bulan ke dua
belas tanpa ada yang terlewat.
·
Menyebutkan
jumlah hari pada tiap bulannya.
·
Menyebutkan
nama bulan yang jumlahnya 30 hari.
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Membaca
dengan suara nyaring gabungan kata-kata yang ditulis di papan tulis.
·
Membuat
kalimat baru dari huruf-huruf yang sudah dipelajari.
·
Melalui
pengalaman dan penjelasan dari guru, siswa mengenal jam analog.
·
Menjelaskan
kegunaan jam sebagai penunjuk waktu.
·
Menyebutkan
macam-macam jam yang dikela siswa.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Mengamati
jam analog yang mempunyai jarum detik, menit dan jam.
·
Mengamati
angka yang tertera pada jam.
·
Mengamati
perputaran jarum jam pada tiap deti, menit dan jam.
·
Membaca
kalimat yang didiktekan guru dengan
suara yang nyaring dan lafal yang benar.
·
Membaca
kaliamt yang didiktekan secara klasikal dan individual.
Pertemuan ke enam 3x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa
Indonesia)
·
Memperagakan
gerakan-gerakan tiruan kupu kupu sambil
diiringi lagu.
·
Memperagakan
grakan –gerakan tiruan burung sedang terbang sambil diiringi lagu.
·
Menjiplak
dan menebalkan bentuk gambar dan huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, l ,g, j, dan
y
·
Menjiplak
dan menebalkan suku katadan kata
·
Menebalkan
kata dan kalimat sederhana dengan menggunakan huruf lepas dan sambung.
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
- Setelah menyampaikan berbagai penjelasan, siswa menyebutkan alat-alat yang dapat digunakan untuk membersihkan rumah dan sekolah.
- Membaca tanda waktu yang ditunjukkan denganjarum jam analog.
- Membaca jarum jam secara individual dan klasikal.
- Membubuhkan jarum jam pada gambar jam.
- Menyampaikan contoh dari akibat tidak menjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika )
- Menuliskan kembali kata, kalimat sederhana dari papan tulis atau buku dengan tulisan lepas yang rapi dan terbaca.
- Menuliskan kembali kata, kalimat sederhana dari papan tulis atau buku dengan tulisan sambung yang rapi dan bentuk huruf yang benar.
·
Menceritakan
tentang kasih sayang antara anggota keluarga .
·
Menyebutkan
bukti-bukti kasih sayang mereka kepada kita.
·
Menjelaskan
bahwa sesama anggota keluarga harus menjaga kasih sayang dan saling
menghormati.
·
Menggambar
jam sesuai denga kegiatan yang ditunjukkan oleh gambar.
·
Melengkapi
gambar jam dengan membubuhkan jarum pendek
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Menuliskan
kembali kalimat sederhana yang ditulis guru pada buku tulis sendiri dengan
menggunakan huruf lepas.
·
Menuliskan
kembali kalimat sederhana yang ditulis guru pada buku tulis sendiri dengan
menggunakan huruf sambung.
·
Menggambar
jam dengan peletakan jarum dan penulisan angka dengan tepat.
·
Menggambar
jam sesuai dengan kegiatan yang ditukis oleh guru.
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Mengamati
gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari di rumah .
·
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang diamati.
·
Menggambar
jam dengan meletakkan jarum pendek dan jarum panjang dengan tepat.
·
Membaca
jam dengan menggunakan model jam analog.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Memperagakan
di depan kelas tokoh dalam dongeng binatang tersebut.
·
Menceritakan
watak tokoh yang dapat diteladani.
·
Menggambar
jam dengantepa dalam peletakan jarum pendek dan jarum panjang.
·
Membuat
jam mainan yang dapat digunakan untuk model.
·
Mengamati
gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari di pasar .
·
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang diamati.
Pertemuan ke enam 3x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa
Indonesia)
·
Memperagakan
gerakan tiruan bunga yang bergoyang sambil diiring musik
·
Mmperagakan
gerakan tiruan pohon bergoyang sambil diiringi musik.
·
Mengamati
gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari.
·
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang diamati.
C. Kegiatan akhir
·
Membuat
kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
·
Mengerjakan
post tes
·
Pemberian
PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
·
Alat
Peraga :
1.
Gambar
makanan sehat dan makanan tidak sehat..
2.
Gambar
keluarga dari majalah / foto keluarga.
3.
Kartu
huruf, kartu kata, kalimat
4.
gambar
dan model jam analog.
5.
selendang,
rebana.
6.
Gambar
alat kebersihan..
VI. Penilaian
Teknik Tes :
·
Tes
lisan.
1. Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat
dalam diskusi kecil..
2. Ketepatan jawaban.
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak
pertanyaan.
·
Tes
tertulis
1. pilihan ganda
2. isian.
·
Tes
perbuatan.
Bentuk Tes :
1. Objektif tes
2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
No comments:
Post a Comment