Friday, March 27, 2020

contoh caper skrifsi manajemen pendidikan


STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PADAGOGIK GURU DI MADRASAH
 TSANAWIYAH NURUL HIKMAH CIJAKU
(Penelitian Empirik di MTs Nurul Hikmah Cijaku)
SKRIPSI
Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh
Gelar Sarjana Pendidikan Islam pada Jurusan
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah
STAI Nurul Hidayah Malingping







Oleh :
EMUN
NIM
: 2015.01.141
NIRM
: 040.16.0743.15



PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NURUL HIDAYAH
MALINGPING – LEBAK
2019 M / 1441 H

LEMBAR PERSETUJUAN

“Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kompotensi Padagogik Guru Di MTs Nurul Hikmah Cijaku”

SKRIPSI

Oleh:
EMUN
NIM: 2015.01.141
NIRM: 040.16.0743.15

Menyetujui
Pembiming I





Nijar Akbari.M.Pd.I
NIK/NIDN: 2116108902
Tanggal:.......................

Pembimbing II





H.Suwiyono.S.Pd.,M.Pd
NIK/NIDN:...................
Tanggal:........................


Mengetahui
Ketua Program Manajemen Pendidikan Islam





Cidi Rosadi,S.Pd.,M.M.Pd
NTKop.143040160082014
Tanggal:.........................

PENGESAHAN

“Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kompotensi Padagogik Guru Di MTs Nurul Hikmah Cijaku”

SKRIPSI

Oleh:
EMUN
NIM: 2015.01.141
NIRM: 040.16.0743.15

Telah diujikan dalam sidang uijan skripsi pada tanggal     Desember 2019. Skripsi tersebut telah disahkan dan diterima sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.P.d) pada program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah (STAI-NH) Malingping.

Ketua

Penguji I





NIK/NIDN.......................
Tanggal:...........................

Ketua I
Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah



Dadang Ahmad Sujatniak,M.Pd.
NIDN.-.......................................
Tanggal:     Desember 2019
Tim Penguji









Mengetahui

Sekretaris

Penguji II





NIK/NIDN.......................
Tanggal:...........................

Ketua Program Manajemen Pendidikan Islam




Cidi Rosadi,S.Pd.,M.M.Pd
NT Kop.143040160082014
Tanggal:     Desember 2019
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama               : EMUN
NIM                : 2015.01.141
NIRM             : 040.16.0743.15
Peodi               : Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas           : Tarbiyah
Judul               :Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompotensi Padagogik Guru Di MTs Nurul Hikmah Cijaku
Menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi dengan judul “Strategi  Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kompotensi Padagogik Guru Di MTs Nurul Hikmah Cijaku” yang saya serahkan ini benar-benar merupakan hasil karya sendiri, kecuali kutipan-kutipan dan ringkasan-ringkasan yang semuanya telah saya jelaskan sumbernya.
Apabila di kemudian hari terbukti atau dapat dibuktikan skripsi ini hasil jiblakan, maka gelar ijasah yang diberikan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah (STAI-NH) batal saya terima.


Malingping,   Desember 2019
Yang Membuat Pernyataan


EMUN
NIM. 2015.01.141

MOTTO
Ø  Lebih baik melangkah dengan banyak rintangan dan tantangan daripada mundur yang menawarkan kesenangan sesaat.
Ø  Tidak ada kesuksesan sebelum mendapatkan kesulitan karena kesuksesan itu didapat dari kesulitan.
Ø  Kamu tidak bisa kembali dan mengubah masa lalu, maka dari itu tataplah masa depan dan jangan buat kesalahan yang sama


(Penulis)

Kupersembahkan Untuk
Ø  Kedua orang tuaku tercinta yang selalu mendukung dan memotivasi tiada batas
Ø  Keluarga tercinta
Ø  Dosen manajemen Pendidikan Islam
Ø  Sahabat seperjuangan

                                                                  

ABSTRAK
Emun, Nim: 2015.01.141. Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kompotensi Padagogik Guru Di MTs Nurul Hikmah Cijaku. Skripsi. Program S1 Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah (STAI-NH) Lebak Jaha Malingping Lebak-Banten. Desember 2019
            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi kepala sekolah dalam Peningkatkan kompotensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam Peningkatkan kompotensi padagogik guru.,dan kompotensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku
            Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan naturalistik kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dalam teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
            Hasil penelitian: 1.Strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan kompotensi padagogik guru dapat dilihat dari strategi fasilitas atau strategi kepala sekolah untuk melakukan dan mengikut sertakan guru dalam pelatihan-pelatihan terkait dengan kompotensi padagogik, melakukan kegiatan MGMP, melakukan supervisi, serta memotivasi guru agar dapat menguasai kompotensi padagogik guru guna untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif. 2. Kompotensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku sudah cukup baik hal ini didukung oleh menyusun RPP, membuat tujuan pembelajaran, dan mampu melaksanakan evaluasi atau penilaian dalam pembelajaran.
            Untuk itu peneliti menyimpulkan bahwa kepala sekolah sebagai supervisi harus mampu menjalankan tugasnya dengan baik terhadap peningkatan kompotensi padagogik guru dan dapat dilihat dari bagaimana kepala sekolah menjalankan strategi untuk melakukan dan mengikut sertakan guru dalam pelatihan-pelatihan, melakukan kegiatan MGMP. Melakukan supervisi, dan memotivasi guru untuk meningkankan kompotensi padagogik guru.
Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Kompotensi Padagogik Guru.
Malingping,     Desember 2019
Pembimbing I



Nijar Akbari.M.Pd.I
                        NIK/NIDN: 2116108902




KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmanirrohim
Alhamdulillahi robbil „alamin. Segala puji bagi Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di MTs Nurul Hikmah Cijaku”. Sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan yang ada, peneliti menyadari sepenuhnya bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan.

Penulisan skripsi ini dilakukan dalam rangka memenuhi salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan Islam pada Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah (STAI-NH) Peneliti menyadari bahwa tanpa bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, dari masa perkuliahan sampai pada penyusunan skripsi ini, sangatlah sulit bagi peneliti untuk menyelesaikan skripsi ini. Oleh karena itu, peneliti mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Bapak D.Sony Natamihardja, MM. Selaku Ketua STAI Nurul Hidayah yang telah membina penyusun di bawah naungan STAI Nurul Hidayah.
2.      Bapak Dadang Ahmad Sujatnika, MA. Selaku Ketua 1 Bidang Akademik STAI Nurul Hidayah Malingping.
3.      Bapak H. Achmad Tufik, SE. Selaku Ketua II Bidang Administrasi STAI Nurul Hidayah Malingping.
4.      Bapak A. Rahmat Bunyamin, M.M.Pd. Selaku Ketua III Bidang Kemahasiswaan STAI Nurul Hidayah Malingping dan juga selaku pembimbing I pembuatan Skripsi penulis.
5.      Nijar Akbari.M.Pd.I Selaku Pembimbing I pada pembuatan skripsi yang senantiasa meluangkan waktunya untuk membimbing dan mengarahkan penulis sejak pembuatan, perencanaan sampai skripsi ini selesai.
6.      H.Suwiyono.S.Pd.,M.Pd. Selaku Pembimbing II pada pembuatan skripsi yang senantiasa meluangkan waktunya untuk membimbing dan mengarahkan penulis sejak pembuatan, perencanaan sampai skripsi ini selesai.
7.      Seluruh Dosen dan Staf pendidik STAI Nurul Hidayah Malingping yang telah membekali ilmu sehingga penulis mampu menyelesaikan penulisan skripsi.
8.      Kedua Orang Tuaku tercinta (Ayahanda Nanamg dan Ibunda Emah) yangt elah mengasuh, membimbing, mendidik, dan memberikan motivasi serta memberikan dukungan material, moral, dan doa hingga peneliti mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam.
9.      Adik tersayang (Nining) yang selalu memberikan semangat, motivasi serta dengan tulus memberikan do’anya dalam penyelesaian studi peneliti.
10.  Teman-teman Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah (STAI-NH) terima kasih untuk keceriaan dan warna-warni persahabatan yang telah kalian berikan selama menjalani masa perkuliahan.
11.  Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah banyak membantu penulis hingga dapat diselesaikan penyusunan skripsi ini.
Kepada mereka semua penulis tidak dapat memberikan apa-apa hanya untaian terima kasih dengan tulus serta iringan do’a, semoga Allah membalas semua amal kebaikan mereka dan selalu melimpahkan rahmat, taufiq, hidayah serta inayah-Nya. Dan semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang berkesempatan membacanya. Pada akhirnya penulis menyadari dengan sepenuh hati bahwa penulisan skripsi ini belum mencapai kesempurnaan. Namun penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca umumnya. Amin


                                                           
Malingping,    Nopember 2019
                                                                        Penulis



EMUN
NIM. 2015.01.141

DAFTAR ISI
COVER...........................................................................................................
PERSETUJUAN PEMBIMBING.............................................................. I
PENGESAHAN.......................................................................................... II
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI................................................. III
MOTTO...................................................................................................... IV
ABSTRAK................................................................................................... V
KATA PENGANTAR.............................................................................. VI
DAFTAR ISI.............................................................................................. IX
DAFTAR TABEL..................................................................................... XI
DAFTAR LAMPIRAN........................................................................... XII
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
A.      Latar Belakang masalah........................................................................ 1
B.       Rumusan Masalah................................................................................. 6
C.       Tujuan Penelitian.................................................................................. 7
D.      Manfaat Penelitian................................................................................ 7
BAB II LANDASAN TEORI....................................................................... 8
A.    Kepemimpinan Kepala sekolah............................................................ 8
1.       Pemimpin......................................................................................... 8
a.       Tipe-tipe Pemimpin.................................................................... 9
b.      Peran Kepala Sekolah sebagai pemimpin................................... 11
2.       Kepemimpinan................................................................................. 14
a.       Tipe Kepemimpinan................................................................... 19
b.      Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah.................................... 20
3.       Kepala Sekolah............................................................................... 23
a.       Tugas Kepala Sekolah................................................................ 26
B.     Kopotensi  Guru................................................................................... 28
1.      Pengertian Guru............................................................................... 29
2.      Macam Kompotensi Guru................................................................ 30
3.      Tugas-tugas Guru............................................................................. 34
4.      Kompotensi Padagogik Guru........................................................... 35
BAB III METODE PENELITIAN ............................................................. 41
A.      Jenis Penelitian...................................................................................... 41
B.       Tempat dan Waktu Penelitian............................................................... 42
C.       Gambaran Umum MTs Nurul Hikmah Cijaku...................................... 42
1.               Profil MTs Nurul Hikmah Cijaku..................................................... 43
2.               Visi dan Misi MTs Nurul Hikmah Cijaku........................................ 44
3.               Data Siswa dan Kelas MTs Nurul Hikmah Cijaku.......................... 45
4.               Data Tenaga Pendidik dan Tata Usaha MTs Nurul Hikmah Cijaku 46
D.      Subjek dan Objek  Penelitian................................................................ 48
E.       Teknik Pengumpulan Data.................................................................... 49
F.       Teknik analisis data............................................................................... 53
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN............................ 56
A.      Strategi Pembahasan.......................................................................... 56
1.      Strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam peningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku................................................................................ 56
a.       Mengadakan Lokakarya (workshop)........................................ 60
b.      Mengadakan Penataan Guru..................................................... 60
c.       Memberikan Penghargaan (rewards)........................................ 61
2.      Kompotensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku........... 61
a.       Kompetensi padagogik............................................................. 64
b.      Kompetensi pribadi................................................................... 64
c.       Kompetensi sosial..................................................................... 65
BAB V PENUTUP......................................................................................... 67
A.      Kesimpulan........................................................................................... 67
B.      Saran..................................................................................................... 68
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 69
LAMPIRAN-LAMPIRAN
                                                       DAFTAR TABEL

TABEL 3.1                      : Data Siswa MTs Nurul Hikmah Cijaku
TABEL 3.2                      : Data Ruang Kelas MTs Nurul Hikmah Cijaku
TABEL 3.3                      : Data Ruang Lainnya MTs Nurul Hikmah Cijaku
TABEL 3.4                      : Data Tenaga Pendidik dan Tata Usaha MTs Nurul Hikmah Cijaku
















                         

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1                  : Pedoman Wawancara, pedoman Obsevasi, Pedoman Dokumentasi Blanko cheklist
Lampiran 2                  : Catatan Lapangan Hasil Wawancara
Lampiran 3                  : Dokumentasi Foto MTs Nurul Hikmah Cijaku
Lampiran 4                  : Dokumen-dokumen
Riwayat hidup

No comments:

Post a Comment