STRATEGI KEPALA SEKOLAH
DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI
PADAGOGIK GURU DI MADRASAH
TSANAWIYAH NURUL HIKMAH
CIJAKU
(Penelitian Empirik di MTs Nurul Hikmah Cijaku)
SKRIPSI
Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh
Gelar Sarjana Pendidikan Islam pada Jurusan
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah
STAI Nurul Hidayah Malingping
Oleh :
EMUN
NIM
|
: 2015.01.141
|
NIRM
|
: 040.16.0743.15
|
PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN
ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NURUL
HIDAYAH
MALINGPING – LEBAK
2019 M / 1441 H
LEMBAR PERSETUJUAN
“Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan
Kompotensi Padagogik Guru Di MTs Nurul Hikmah Cijaku”
SKRIPSI
Oleh:
EMUN
NIM: 2015.01.141
NIRM: 040.16.0743.15
Menyetujui
Pembiming I
Nijar Akbari.M.Pd.I
NIK/NIDN: 2116108902
Tanggal:.......................
|
|
Pembimbing II
H.Suwiyono.S.Pd.,M.Pd
NIK/NIDN:...................
Tanggal:........................
|
Mengetahui
Ketua Program Manajemen Pendidikan Islam
Cidi Rosadi,S.Pd.,M.M.Pd
NTKop.143040160082014
Tanggal:.........................
|
PENGESAHAN
“Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan
Kompotensi Padagogik Guru Di MTs Nurul Hikmah Cijaku”
SKRIPSI
Oleh:
EMUN
NIM: 2015.01.141
NIRM: 040.16.0743.15
Telah diujikan dalam sidang uijan skripsi pada
tanggal Desember 2019. Skripsi
tersebut telah disahkan dan diterima sebagai salah satu syarat untuk memperoleh
gelar Sarjana Pendidikan (S.P.d) pada program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah (STAI-NH)
Malingping.
Ketua
Penguji I
NIK/NIDN.......................
Tanggal:...........................
Ketua I
Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah
Dadang Ahmad Sujatniak,M.Pd.
NIDN.-.......................................
Tanggal:
Desember 2019
|
Tim Penguji
Mengetahui
|
Sekretaris
Penguji II
NIK/NIDN.......................
Tanggal:...........................
Ketua Program Manajemen Pendidikan Islam
Cidi Rosadi,S.Pd.,M.M.Pd
NT Kop.143040160082014
Tanggal:
Desember 2019
|
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI
Saya
yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : EMUN
NIM : 2015.01.141
NIRM : 040.16.0743.15
Peodi : Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas : Tarbiyah
Judul :Strategi Kepala
Sekolah Dalam Peningkatan Kompotensi
Padagogik Guru Di MTs Nurul Hikmah Cijaku
Menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi dengan
judul “Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kompotensi
Padagogik Guru Di MTs Nurul Hikmah Cijaku” yang saya serahkan ini benar-benar merupakan
hasil karya sendiri, kecuali kutipan-kutipan dan ringkasan-ringkasan yang
semuanya telah saya jelaskan sumbernya.
Apabila di kemudian hari terbukti atau dapat
dibuktikan skripsi ini hasil jiblakan, maka gelar ijasah yang diberikan oleh Sekolah Tinggi Agama
Islam Nurul Hidayah (STAI-NH) batal
saya terima.
Malingping,
Desember 2019
Yang Membuat Pernyataan
EMUN
NIM.
2015.01.141
MOTTO
Ø Lebih baik melangkah dengan banyak rintangan dan tantangan daripada mundur
yang menawarkan kesenangan sesaat.
Ø Tidak ada kesuksesan sebelum mendapatkan kesulitan karena kesuksesan itu
didapat dari kesulitan.
Ø Kamu tidak bisa kembali dan mengubah masa lalu, maka dari itu tataplah masa
depan dan jangan buat kesalahan yang sama
(Penulis)
Kupersembahkan Untuk
Ø Kedua orang tuaku tercinta yang selalu mendukung dan memotivasi tiada batas
Ø Keluarga tercinta
Ø Dosen manajemen Pendidikan Islam
Ø Sahabat seperjuangan
ABSTRAK
Emun,
Nim: 2015.01.141. Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan
Kompotensi Padagogik Guru Di MTs Nurul Hikmah Cijaku. Skripsi. Program S1
Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah (STAI-NH)
Lebak Jaha Malingping Lebak-Banten. Desember 2019
Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan Strategi kepala sekolah dalam Peningkatkan
kompotensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam Peningkatkan
kompotensi padagogik guru.,dan
kompotensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku
Pendekatan dalam penelitian ini
adalah pendekatan naturalistik kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif yang dalam teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian: 1.Strategi yang
diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan kompotensi padagogik guru dapat
dilihat dari strategi fasilitas atau strategi kepala sekolah untuk melakukan
dan mengikut sertakan guru dalam pelatihan-pelatihan terkait dengan kompotensi
padagogik, melakukan kegiatan MGMP, melakukan supervisi, serta memotivasi guru
agar dapat menguasai kompotensi padagogik guru guna untuk menciptakan kegiatan
pembelajaran yang efektif. 2. Kompotensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah
Cijaku sudah cukup baik hal ini didukung oleh menyusun RPP, membuat tujuan
pembelajaran, dan mampu melaksanakan evaluasi atau penilaian dalam
pembelajaran.
Untuk itu peneliti menyimpulkan
bahwa kepala sekolah sebagai supervisi harus mampu menjalankan tugasnya dengan
baik terhadap peningkatan kompotensi padagogik guru dan dapat dilihat dari
bagaimana kepala sekolah menjalankan strategi untuk melakukan dan mengikut
sertakan guru dalam pelatihan-pelatihan, melakukan kegiatan MGMP. Melakukan
supervisi, dan memotivasi guru untuk meningkankan kompotensi padagogik guru.
Kata
Kunci : Peran Kepala Sekolah, Kompotensi Padagogik Guru.
Malingping,
Desember
2019
Pembimbing
I
Nijar Akbari.M.Pd.I
NIK/NIDN: 2116108902
|
|
KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmanirrohim
Alhamdulillahi
robbil „alamin. Segala puji bagi Allah SWT atas segala rahmat dan
karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Strategi Kepala
Sekolah Dalam Peningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di MTs Nurul Hikmah Cijaku”.
Sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan yang ada, peneliti menyadari sepenuhnya
bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan.
Penulisan skripsi ini dilakukan
dalam rangka memenuhi salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Pendidikan
Jurusan Manajemen Pendidikan Islam pada Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul
Hidayah (STAI-NH) Peneliti menyadari bahwa tanpa bantuan dan bimbingan dari
berbagai pihak, dari masa perkuliahan sampai pada penyusunan skripsi ini, sangatlah
sulit bagi peneliti untuk menyelesaikan skripsi ini. Oleh karena itu, peneliti
mengucapkan terima kasih kepada:
1. Bapak D.Sony Natamihardja,
MM. Selaku Ketua STAI Nurul Hidayah yang telah membina penyusun di bawah
naungan STAI Nurul Hidayah.
2. Bapak Dadang Ahmad
Sujatnika, MA. Selaku Ketua 1 Bidang Akademik STAI Nurul Hidayah Malingping.
3. Bapak H. Achmad Tufik, SE.
Selaku Ketua II Bidang Administrasi STAI Nurul Hidayah Malingping.
4. Bapak A. Rahmat Bunyamin,
M.M.Pd. Selaku Ketua III Bidang Kemahasiswaan STAI Nurul Hidayah Malingping dan
juga selaku pembimbing I pembuatan Skripsi penulis.
5. Nijar Akbari.M.Pd.I Selaku
Pembimbing I pada pembuatan skripsi yang senantiasa meluangkan waktunya untuk
membimbing dan mengarahkan penulis sejak pembuatan, perencanaan sampai skripsi
ini selesai.
6. H.Suwiyono.S.Pd.,M.Pd.
Selaku Pembimbing II pada pembuatan skripsi yang senantiasa meluangkan waktunya
untuk membimbing dan mengarahkan penulis sejak pembuatan, perencanaan sampai
skripsi ini selesai.
7. Seluruh Dosen dan Staf
pendidik STAI Nurul Hidayah Malingping yang telah membekali ilmu sehingga
penulis mampu menyelesaikan penulisan skripsi.
8. Kedua Orang Tuaku tercinta
(Ayahanda Nanamg dan Ibunda Emah) yangt elah mengasuh, membimbing, mendidik,
dan memberikan motivasi serta memberikan dukungan material, moral, dan doa
hingga peneliti mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan pada Jurusan Manajemen Pendidikan
Islam.
9. Adik tersayang (Nining)
yang selalu memberikan semangat, motivasi serta dengan tulus memberikan do’anya
dalam penyelesaian studi peneliti.
10. Teman-teman Manajemen
Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah (STAI-NH) terima
kasih untuk keceriaan dan warna-warni persahabatan yang telah kalian berikan
selama menjalani masa perkuliahan.
11. Semua pihak yang tidak
dapat disebutkan satu persatu yang telah banyak membantu penulis hingga dapat
diselesaikan penyusunan skripsi ini.
Kepada mereka semua penulis tidak
dapat memberikan apa-apa hanya untaian terima kasih dengan tulus serta iringan
do’a, semoga Allah membalas semua amal kebaikan mereka dan selalu melimpahkan
rahmat, taufiq, hidayah serta inayah-Nya. Dan semoga skripsi ini dapat
bermanfaat bagi siapa saja yang berkesempatan membacanya. Pada akhirnya penulis
menyadari dengan sepenuh hati bahwa penulisan skripsi ini belum mencapai
kesempurnaan. Namun penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi
penulis khususnya dan pembaca umumnya. Amin
Malingping,
Nopember 2019
Penulis
EMUN
NIM.
2015.01.141
DAFTAR ISI
COVER...........................................................................................................
PERSETUJUAN PEMBIMBING.............................................................. I
PENGESAHAN.......................................................................................... II
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI................................................. III
MOTTO...................................................................................................... IV
ABSTRAK................................................................................................... V
KATA PENGANTAR.............................................................................. VI
DAFTAR ISI.............................................................................................. IX
DAFTAR TABEL..................................................................................... XI
DAFTAR LAMPIRAN........................................................................... XII
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
B.
Rumusan Masalah................................................................................. 6
C.
Tujuan Penelitian.................................................................................. 7
D.
Manfaat Penelitian................................................................................ 7
BAB II LANDASAN TEORI....................................................................... 8
1. Pemimpin......................................................................................... 8
a. Tipe-tipe Pemimpin.................................................................... 9
b. Peran Kepala Sekolah sebagai
pemimpin................................... 11
a. Tipe Kepemimpinan................................................................... 19
b. Strategi Kepemimpinan Kepala
Sekolah.................................... 20
3. Kepala Sekolah............................................................................... 23
a. Tugas
Kepala Sekolah................................................................ 26
B. Kopotensi Guru................................................................................... 28
1. Pengertian Guru............................................................................... 29
3. Tugas-tugas Guru............................................................................. 34
4. Kompotensi Padagogik Guru........................................................... 35
BAB III METODE PENELITIAN ............................................................. 41
A. Jenis Penelitian...................................................................................... 41
B. Tempat dan Waktu Penelitian............................................................... 42
C. Gambaran Umum MTs Nurul Hikmah
Cijaku...................................... 42
1.
Profil MTs Nurul Hikmah Cijaku..................................................... 43
2.
Visi dan Misi MTs Nurul Hikmah Cijaku........................................ 44
3.
Data Siswa dan Kelas MTs Nurul Hikmah Cijaku.......................... 45
4.
Data Tenaga Pendidik dan Tata Usaha MTs Nurul Hikmah Cijaku 46
D. Subjek dan Objek Penelitian................................................................ 48
F. Teknik analisis data............................................................................... 53
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN............................ 56
A. Strategi Pembahasan.......................................................................... 56
1.
Strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam peningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku................................................................................ 56
a.
Mengadakan Lokakarya (workshop)........................................ 60
b.
Mengadakan Penataan Guru..................................................... 60
c.
Memberikan Penghargaan (rewards)........................................ 61
2.
Kompotensi padagogik guru di MTs Nurul Hikmah Cijaku........... 61
a.
Kompetensi padagogik............................................................. 64
b.
Kompetensi pribadi................................................................... 64
c.
Kompetensi sosial..................................................................... 65
BAB V PENUTUP......................................................................................... 67
A. Kesimpulan........................................................................................... 67
B. Saran..................................................................................................... 68
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 69
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL
3.1 : Data Siswa MTs
Nurul Hikmah Cijaku
TABEL
3.2 : Data Ruang
Kelas MTs Nurul Hikmah Cijaku
TABEL
3.3 : Data Ruang
Lainnya MTs Nurul Hikmah Cijaku
TABEL 3.4 : Data Tenaga Pendidik dan
Tata Usaha MTs Nurul Hikmah Cijaku
DAFTAR
LAMPIRAN
Lampiran 1 :
Pedoman Wawancara, pedoman Obsevasi, Pedoman Dokumentasi Blanko cheklist
Lampiran
2 : Catatan Lapangan
Hasil Wawancara
Lampiran
3 : Dokumentasi Foto MTs
Nurul Hikmah Cijaku
Lampiran
4 : Dokumen-dokumen
Riwayat
hidup
No comments:
Post a Comment