Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Diri Sendiri
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami
identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan
keluarga.
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta
cara
perawatannya.
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa
Indonesia :
·
Mendengarkan
: Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·
Berbicara
: Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan
dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh,
dan deklamasi.
·
Membaca : Memahami teks pendek
dengan membaca nyaring.
·
Menulis
: Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengapresiasi karya seni rupa.
·
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa.
7.
Basa Sunda :
·
Mampu menyimak ( ngaregepkeun )
memahami, serta menanggapi berbagai jenis bunyi bahasa ( sora basa ), dongeng,
dan perintah (parentah) sederhana.
Kompetensi Dasar
:
1.
IPS :
·
Mengidentifikasi identitas diri
, keluarga, dan kerabat.
2. IPA :
·
Mengenal
bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3. PKN :
·
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika :
·
Membilang banyak benda .
·
Mengurutkan banyak benda.
5. Bahasa Indonesia :
·
Membedakan bunyi bahasa.
·
Memperkenalkan
diri dengan bahasa yang santun.
·
Mendeskripsikan
benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
6.
Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi
unsur rupa pada benda alam sekitar.
·
Mengekspresikan
diri melalui teknik menggunting / menyobek..
7.
Basa Sunda :
·
Menyimak dan membedakan bunyi.
Indikator :
1.
IPS :
·
Menyebutkan
nama lengkap dan panggilan besreta usia.
·
Menceritakan
alamat tempat tinggal dan alamat sekolah .
·
Menyebutkan
nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.
2.
IPA :
·
Menunjukkan
bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)
·
Menceritakan
kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
·
Menunjukkan cara merewat tubuh.
·
Membiasakan
merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.
3.
PKN :
·
Menjelaskan
ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
·
Menceritakan
kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·
Menyebutkan
jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan.
4.
Matematika :
·
Menyebutkan banyak benda.
·
Membandingkan
dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit.
·
Membaca dan menulis lambing
bilangan.
·
Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·
Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar.
·
Membilang loncat 2, 3, dan 4.
5.
Bahasa Indonesia :
·
Mencocokkan gambar dengan
informasi.
·
Mendengarkan
cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.
·
Mendengarkan dan menyanyikan
lagu.
·
Menyebutkan
data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
·
Menyebutkan
warbna, bentuk dan permukaan benda.
·
Menyebutkan nama anggota
6.
Seni Budaya dan Keterampilan. :
·
Mengelompokkan
berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam
sekitar.
·
Mengelompokkan
berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua
dimensi di alam sekitar.
7. Basa Sunda
:
·
Membunyikan
suara e`, e, dan eu dalam berbagai kata.
·
Membedakan suara vocal e`, e,
dan eu.
·
Menunjukkan
suara e`, e, dan eu pada kata dengan tepat.
I. Tujuan
Pembelajaran :
·
Siswa
dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada di rumahnya.
·
Siswa
dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuhdan kegunaannya.
·
Siswa
dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya.
·
Siswa
dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan perenpuan.
·
Siswa
dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan
perempuan.
·
Siswa
dapat menyebutkan banyak benda.
·
Siswa
dapat membandingkan dua kumpulan benda.
·
Siswa
dapat membaca dan menuliskan lambing bilangan.
·
Siswa
dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.
·
Siswa
dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
·
Siswa
dapat mencocokan informasi dengan gambar.
·
Siswa
dapat menyimak cerita dari gambar seri.
·
Siswa
dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·
Siswa
dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.
·
Siswa
dapat menyebutkan cirri-ciri suatu benda.
·
Siswa
dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.
·
Siswa
dapat menyalin/mencontoh huruf, suku
kata dan kata.
·
Siswa
dapat menggambar dari serangkaian titik, garis membentuk karya dua dimensi.
·
Siswa
dapat membuat benda karya mainan dengan teknik menyobek dan menggunting.
·
Siswa
dapat membunyikan, membedakan, dan menunjukkan vocal e`,e dan eu pada berbagai
kata.
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Identitas
diri, keluarga dan kekerabatan.
·
Bagian-bagian
anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatan.
·
Hidup rukun dalam perbedaan
·
Oprasi hitung.
·
Tanggapan
secara nonverbal terhadap informasi yang didengar.
·
Kalimat
sederhana untuk memperkenalkan diri.
·
Penulisan
huruf, kata dan kalimat sederhana.
·
Berbagai
jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda.
·
Membuat karya kerajinan .
·
Kata-kata
yang menggunakan vocal e`, e dan eu
·
Nama
benda yang menggunakan vocal e`, e , dan eu.
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu
I
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
·
Mengamati
model/ gambar anggota tubuh.
·
Menyanyikan
lagu “ dua mata saya “
·
Menunjukkan
gambar dan menyebutkan nama-nama anggota
tubuh
·
Melakukan
diskusi sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.
·
Menyebutkan
perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan.
·
Melakukan
tanya jawab tentang hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.
·
Mengamati
benda yang diperlihatkan guru ( kancing, kerang, manik-manik, pensil, dll )
·
Mengamati
benda yang ada di sekeliling siswa (
meja, buku, tas, dll )
·
Membilang
benda yang ada di sekeliling siswa dengan jumlah 1- 5 .
·
Menyimpan
kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika )
·
Mengamati
gambar seri yang menceritakan tentang persiapan ke sekolah.
·
Menyanyikan lagu “pergi sekolah “
·
Menceritakan
dengan kalimat yang sederhana isi dari gambar tersebut.
·
Melakukan
tanya jawab tentang persiapan siswa bila pergi ke sekolah.
·
Mendengarkan
penjelasan guru tentang identitas diri, keluarga, dan kerabat.
·
Menjelaskan
kembali pentingnya identitas diri.
·
Menyebutkan
keuntungan kita mempunyai identitas diri.
·
Membilang
benda yang diamati . secara individual dan klasikal.
·
Melakukan
penghitungan benda di depan kelas dengan jumlah 1 – 5
·
Menyebutkan
bilangan yang tepat sesuai dengan banyak benda
·
Mengisi soal yang berkaitan dengan banyak benda.
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Memperkenalkan
diri di depan kelas identitas diri dengan kalimat yang santun.
·
Secara bergiliran
memperkenalkan diri.
·
Menghitung
beda pada gambar/ model dengan jumlah benda
1 – 10.
·
Menyebutkan jumlah banyak benda
1 – 10.
·
Meletakkan
kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
·
Seorang
siswa meletakkan benda dan siswa lain
menyimpan kartu bilangan yang tepat
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Melakukan
pengamatan pada benda untuk menguraikan deskripsinya
·
Mengungkapkan
deskripsi benda dalam bentuk, warna, dan permukaa.
·
Contoh
: Bentuknya panjang , digunakan untuk
menulis, bisa bergambar, dan polos. Semua murid
memerlukannya. Ã deskripsi dari pensil.
·
Mencoba
untuk mendeskripsikan benda yang diperlihatkan temannya.
·
Mengamati
manik-manik, kancing atau kelereng yang diperlihatkan guru yang berjumlah 1 –
15.
·
Menghitung
banyak benda yang diperlihatkan guru dengan urutan yang benar.
·
Menyebutkan
bilangan yang sesuai dengan jumlah banyak benda.
·
Menyimpan
kartu bilangan pada benda yang sesuai dengan jumlahnya.
·
Menuliskan
lambing bilangan yang tepat sesuai dengan banyaknya benda.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Menirukan
kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal e` ( letah, teko, peci,
toke, dll)
·
Menirukan
kata –kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal e ( cepil, jempol, gelas,
dll )
·
Menirukan
kata-kata ynag diucapkan guru yang mengandung vocal eu. ( ceuli, peureup, beubeur, dll )
Mengeja setiap kata untuk
membedakan bunyi dan penulisan antara
e`, e, dan eu
·
Meletakkan
kartu huruf e`, e, dan eu pada kata yang belum sempurna berdasarkan pada
pendengaran atas kata-kata yang diucapkan guru.
·
Membacakan
kartu huruf yang telah sempurna pengejaannya dengan lafal yang tepat.
·
Mengamati
dua kelompok benda yang sama jumlahnya, berbe
·
da
jumlahnya untuk menemukan fakta lebih banyak atau lebih sedikit dan sama
banyak.
·
Membilang
tiap kelompok benda dengan batas jumlah 1- 10.
·
Menyebutkan
bilangan yang tepat pada tiap kelompok benda.
·
Membandingkan jumlah benda dan
menyatakan lebih banyak atau lebih sedikit atau sama banyak pada kedua kelompok
benda tersebut.
·
Melakukan
hal sama pada dua kelompok benda dengan jumlah yang berbeda.
·
Melakukan
pengamatan terhadap gambar anggota tubuh.
·
Menyanyikan
lagu “ Dua mata saya “
·
Menyebutkan
nama anggota tubuh yang terlihat pada gambar.
·
Menyebutkan
nama anggota tubuh melalui permainan lagu “ Kepala ,pundak lutut kaki …”
·
Menunjukkan
dan menyebutkan nama anggota tubuh
melalui tubuh temannya.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
·
Mengenal
titik sebagi awal sebuah gambar.
·
Menggabungkan
beberapa titik untuk membuktikan sebuah garis terdiri dari sekumpulan
titik-titik yang berderet.
·
Membuat garis lurus, garis
miring, garis zigzag dan garis lengkung.
·
Membuat aneka garis ( garis lurus dan garis lengkung
) yang membentuk gambar lingkaran, segitiga, atau persegi.
·
Membuat gambar yang berunsur
garis.
·
Mengamati gambar anggota tubuh
·
Menjelaskan
kegunaan dari tiap anggota tubuh dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
·
Mewarnai
gambar tubuh dengan warna yang sesuai dan menjelaskan kegunaan dari tiap
anggota tubuh.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
·
Mengamati
model/ gambar anggota tubuh.
·
Menyanyikan
lagu “ dua mata saya “
·
Menunjukkan
gambar dan menyebutkan nama-nama anggota
tubuh
·
Menjelaskan
kegunaan dari tiap-tiap anggota tubuh yang diamati.
·
Mengamati
gambar bagian anggota tubuh dan menjelaskan kegunaanya.
·
Meletakkan
kartu yang bergambar bagian anggota tubuh untuk meletakkan
Pada kartu yang bertuliskan kegunaanya.
·
Mengamati
banyak benda yang disediakan guru.
·
Membilang
benda tersebut dengan jumlah berfariasi. ( 11 – 20 )
·
Menyebutkan
nama bilangan sesuai dengan banyak benda.
·
Membandingkan
kembali dua kelompok benda yang berbeda jumlahnya.
·
Menjelaskan
bahwa dua kumpulan benda tersebut lebuh banyak atau lebih sedikit atau sama
banyak.
·
Menyebutkan
nama teman yang berjenis kelamin laki –laki dan perempuan.
·
Memberikan
contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan..
·
Melakukan
diskusi sederhana tentang kegiatan yang dapat dapat dilakukan oleh laki-laki
maupun perempuan.
·
Mengambil
kesimpulan bahawa hak dan kewajiban laki-laki sama, ada beberapa hal yang tidak
dapat dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan sebagai kodrat.
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika )
·
Menyimak
tugas yang disampaikan guru dalam mengerjakan tugas.
·
Membuat
bentuk garis, lingkaran di udara dengan posisi memegang alat tulis.
·
Memperhatikan
lembar tugas yang harus dilakukan adalah menjiplak bentuk, garis dan lingkaran
dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang benar.,
·
Menjiplak berbagai bentuk yang mendekati bentuk huruf.
·
Menceritakan
alamat rumah dan alamat sekolah
·
Menceritakan
kegiatan sebelum pergi ke sekolah.
·
Menjelaskan
manfaat mempunyai alamat tempat tinggal
·
Menceritakan
keadaan sekolah, jarak, dan suasana di sekolah.
·
Menyebutkan
bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
·
Menuliskan
di udara bentuk bilangan 1 sampai 10.
·
Menuliskan
bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
·
Membaca
nama bilangan yang tertera pada papan tulis.
·
Mengerjakan
latihan menuliskan lambang bilanagn dan membacanya secara
individual
dan klasikal.
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Menyimak
uraian tugas yang disampaikan guru,
·
Memperhatikan
Lembar tugas yang diberikan guru, yang
harus dilakukan adalah menebalkan bentuk, garis, lingkaran dengan posisi duduk
dan memegang alat tulis yang baik.
·
Menyebutkan
bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
·
Menuliskan
di udara bentuk bilangan 11 sampai 20 .
·
Menuliskan
bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
·
Membaca
nama bilangan yang tertera pada papan tulis.
·
Mengerjakan
latihan menuliskan lambang bilangan dan
membacanya secara
individual dan klasikal.
·
Menirukan
kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal eu. ( ceuli, peureup, beubeur, dll )
·
Mengeja
setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara e`, e, dan eu.
·
Membedakan
suara e`, e dan eu pada kata dengan cara menyimpan kartu huruf dengan tepat.
·
Membaca
ulang secara individual kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
·
Membaca
ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Melakukan
menjiplak bentuk huruf lepas a, i,
dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
·
Menebalkan
bentuk huruf lepas a , i dengan posisi duduk dan memegang alat tulis
yang baik.
·
Membaca
huruf yang sudah dijiplak dan ditebalkan.
·
Membaca
lambang bilangan 1 – 10 yang di
perlihatkan guru melalui kartu bilangan secara urut.
·
Membaca
lambang bilangan 11 – 20 yang
diperlihatkan guru melalui kartu bilangan secara urut.
·
Membaca
lambang bilangan 1- 20 yang diperlihatkan guru melalui kartu huruf secara acak.
·
Menyimpan
kartu bilangan sesuai dengan yang diucapkan guru..
·
Mengambil
kartu bilangan sesuka hati lalu membacanya.
·
Menuliskan
lambang bilangan sesuai yang diucapkan guru.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Meletakkan
kartu huruf e`, e, dan eu pada kata yang belum sempurna berdasarkan pada
pendengaran atas kata-kata yang diucapkan guru.
·
Membacakan
kartu huruf yang telah sempurna pengejaannya dengan lafal yang tepat.
·
Mengambil
kartu huruf dan membacanya dengan lafala e`, e, dan eu dengan tepat
secara individual maupun klasikal.
·
Menirukan
kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal eu. ( ceuli, peureup, beubeur, dll )
·
Mengeja
setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara e`, e, dan eu.
·
Membaca
ulang secara individual kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
·
Membaca
ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
·
Mengamati
sekelompok benda yang berjumlah 1 – 10.
·
Mengelompokkan
benda tersebut dari jumlah yang terkecil.
·
Membaca
lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda yang telah berurut.
·
Menuliskan
lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda.
·
Melakukan
menjiplak bentuk huruf lepas e, o, m, n, b, d dengan posisi duduk dan memegang alat tulis
dengan baik.
·
Menebalkan
bentuk huruf lepas e , o, m , n, b , d dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.
·
Membaca
hasil jiplakan dan menebalkan huruf yang sudah dipelajari.
Pertemuan ke enam 3x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa
Indonesia)
·
Melakukan
percobaan untuk mengenal warna dasar, dengan menggunakan cat air, spidol,
pensil warna.
·
Mewarnai
lingkaran, persegi dan segi tiga dngan warna dasar yang berbeda.
·
Mewarnai
gambar benda alam dengan warna yag sesuai.
·
Mewarnai
gambar benda lain dengan warna yang sesuai.
·
Mengenal warna lain selain
warna dasar.
·
Menyalin
/ mencontoh huruf, suku kata dan kata yang mengandung huruf a, I, u, e, o , m, b,
d, dan n, b, d
·
Menuliskan
huruf, suku kata dan kata yang didiktekan guru.
·
Membaca
huruf, suku kata dan kata yang ditulis.
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
·
Mengamati
model/ gambar anggota tubuh.
·
Menyanyikan
lagu ” Bangun tidur ”
·
Menunjukkan
gambar dan menyebutkan nama-nama anggota
tubuh
·
Menjelaskan
cara perawatan anggota tubuh yang diamati..
·
Mendiskusikan
secara sederhana manfaat merawat anggota tubuh.
·
Menyebutkan
kerugian bila tidak merawat anggota tubuh.
·
Membiasakan
diri untuk merawat anggota tubuh.
·
Menyebutkan
jenis permainan yang biasa dilakukan oleh anak laki-laki
·
Memperagakan
jenis permainan yang biasa dilakukan anak laki-laki.
·
Menyebutkan
jenis permainan yang biasa dilakukan anak perempuan.
·
Menjelaskan
perlunya saling menghargai perbedaan dari tiap individu.
·
Menjelaskan
bahwa dari perbedaan dapat menciptakan kerukunan bukan perselisihan.
·
Mengamati
sekelompok benda yang berjumlah 1 – 10.
·
Mengelompokkan
benda tersebut dari jumlah yang terbesar.
·
Membaca
lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda yang telah berurut.
·
Menuliskan
lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda.
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika )
·
Menuliskan/
menyalin kalimat sederhana yang terdiri dari tiga kata yang dibangun oleh huruf
a, i, u, e, o, m, n,b dan d
·
Menyalin/
menuliskan huruf yang dipelajari ke dalam tulisan tegak bersambung.
·
Membaca
huruf yang sudah ditulis.
·
Menceritakan
nama ayah, ibu, kakak, adik dan kerabat yang ada di rumah.
·
Menjelaskan
hubungan kekerabatan antara anggota keluarga yang ada di rumah.
·
Menjelaskan
bahwa kerukunan harus selalu dijaga.
·
Membaca
sekelompok bilangan 1 – 20 secara urut.
·
Melingkari
bilangan yang berpola loncat ( kelipatan) 2 .
·
Menyebutkan
bilangan yang berpola loncat 2.
·
Menuliskan
bilangan yang berpola loncat 2 di papan tulis..
·
Membaca
nama bilangan yang berpola loncat 2 .
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Menyalin
kalimat sederhana dari papan tulis yang disusun dari huruf yang sudah
dipelajari ke dalam buku tulis sendiri.
·
Membaca
setiap kalaimat yang ditulis.
·
Membaca
sekelompok bilangan 1 – 20 secara urut.
·
Melingkari
bilangan yang berpola loncat ( kelipatan) 3 .
·
Menyebutkan
bilangan yang berpola loncat 3.
·
Menuliskan
bilangan yang berpola loncat 3 di papan tulis..
·
Membaca
nama bilangan yang berpola loncat 3.
·
Menirukan
kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal eu. ( ceuli, peureup,
beubeur, dll )
·
Mengeja
setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara e`, e, dan eu.
·
Membaca
ulang secara individual kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
·
Membaca
ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
·
Menunjukkan
perbedaan penulisan huruf e`, e dan eu.
·
Menuliskan
kata-kata yang didiktekan yang disusun
dari konsonan dan vokal e`, e, dan eu.
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Menyalin/
mencontoh kata yang ditulis di papan tulis.dengan menggunakan huruf lepas.
·
Membaca
kata-kata yang ditulis di papan tulis..
·
Menuliskan
kata yang didiktekan guru dengan menggunakan tulsan tegak bersambung..
·
Membaca
sekelompok bilangan 1 – 20 secara urut.
·
Melingkari
bilangan yang berpola loncat ( kelipatan) 4 .
·
Menyebutkan
bilangan yang berpola loncat 4.
·
Menuliskan
bilangan yang berpola loncat 4 di papan tulis..
·
Membaca
nama bilangan yang berpola loncat 4.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Menuliskan
kata-kata yang didiktekan yang disusun
dari konsonan dan vokal e`, e, dan eu.
·
Menunjukkan
gambar yang sesuai dengan kata yang diucapkan.
·
Memilih
kata yang tepat untuk melengkapi kalimat.
·
Membaca
bilangan yang berpola loncat 2 ,3, dan 4 .
·
Menuliskan
lambang bilangan yang berpola loncat 2, 3, dan 4.
·
Melengkapi
urutan bilangan yang berpola loncat 2, 3, dan 4.
·
Menyalin/
mencontoh kalimat dari buku k dalam buku tulis sendiri.
·
Membaca
setiap kalimat yang ditulis dalam buku tulis sendiri.
Pertemuan ke enam 3x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa
Indonesia)
·
Melakukan percobaan untuk
mengenal warna tambahan, dari paduan warna-warna dasar dengan menggunakan cat
air.
·
Menyebukan
warna baru hasil dari paduan 2 warna dasar yang berbeda.
·
Mewarnai
bentuk dengan warna tambahan.
·
Menyalin/
mencotoh kalimat yang ditulis di papan tulis dengan menggunakan huruf lepas.
·
Menyalin
/ mncontoh kalimat yang didiktean guru dengan menggunakan tulisan sambung.
C. Kegiatan akhir
·
Membuat
kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
·
Mengerjakan
post tes
·
Pemberian
PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
·
Alat
Peraga :
1.
Gambar
anggoa tubuh.
2.
Gambar
keluarga dari majalah / foto keluarga.
3.
Kartu
huruf
4.
Kartu
bilangan.
5.
Manik-manik,
kelereng, batu-batuan, kerang.
6.
Cat
air , kuas
VI. Penilaian
Teknik Tes :
·
Tes
lisan.
1. Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat
dalam diskusi kecil..
2. Ketepatan jawaban.
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak
pertanyaan.
·
Tes
tertulis
1. pilihan ganda
2. isian.
·
Tes
perbuatan.
Bentuk Tes :
1. Objektif tes
2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
Butir Soal
:
1. IPS :
Isilah titik-titik di bawah ini
!
1. nama saya .........
2. rumah saya di ......
3. adik saya ada .......
4. kakak saya ada ........
5. saya sekolah di ...........
2. IPA
:
Silanglah a, b atau c pada jawaban yang tepat !
1.
ini gambar ………..
a. mata b. telinga c. kaki
2.
bila kita makan menggunakan
............
a. tangan b. hidung c. mulut.
3.
membaca menggunakan ......
a. rambut b. mata c. Perut
4.
mata saya ada ....
a. satu b. dua c. tiga.
5. supaya bersih gigi harus
.....
a. dicuci b. digosok c. dicabut
3. PKN
:
Isilah titik-titik di bawah ini !
1.
ibu saya seorang ...................
2.
anak perempuan bermain .............
3.
layang-layang dimainkan oleh anak
................
4.
sesama teman harus selalu ..............
5.
bertengkar perbuatan ...........
4. Matematika :
1. gambar kelereng ada
.........................
2. gambar bunga ada ........................
3. gambar pensil ada
...........................
4. bangku di kelas ada ......................
5. penghapus papan tuls di kelas ada
.................
No comments:
Post a Comment