RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester : IX/I
Materi Pokok : Struktur Teks Pidato
Alokasi Waktu : 10 JP (4 kali
pertemuan )
A. Kompetensi
Inti
KI-1 :Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
KI-2 :Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleran,
gotong
royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan
sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
KI-3 :Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.4 Menelaah
struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual
yang didengar dan dibaca.
|
3.4.1 Menelaah struktur teks (pidato persuasif)
3.4.2 Menelaah ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual
yang didengar dan dibaca.
|
4.4 Menuangkan
gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan.
|
4.4.1 Menyusun teks pidato persuasif dengan menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya)
4.4.2
Menyajikan pidato persuasive secara menarik (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya)
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah mengikuti
proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.
Menelaah struktur teks (pidato persuasif)
Pertemuan
II:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta
didik dapat:
1.
Menelaah ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual
yang didengar dan dibaca
Pertemuan
III:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.
Menyusun naskah pidato persuasif dengan menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis
dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
Pertemuan
IV:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.
Membuat pidato persuasif dengan menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis
dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
D. Materi
Pembelajaran
1. Materi
Pembelajaran Reguler
a.
Struktur teks (pidato persuasif)
b.
Ciri-ciri kebahasaan teks pidato: kalimat aktif, kata tugas,
kosakata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan
c.
Model teks pidato persuasif
2.
Materi Pembelajaran Pengayaan
a.
Struktur teks (pidato persuasif)
3.
Materi Pembelajaran Remedial
a.
Ciri-ciri kebahasaan teks pidato: kalimat aktif, kata tugas,
kosakata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan
b.
Model teks pidato persuasif
E. Metode
Pembelajaran
Pertemuan
1 : Model Problem Based Learning
Pertemuan
2 : Model Discovery Learning
Pertemuan
3 : Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw
Pertemuan
4 : Model Pembelajaran
Kooperatif
F.
Media dan Bahan
1.
Media : Media audiovisual yang berkaitan
dengan pidato persuasif
2.
Bahan : Model teks pidato persuasif
G. Sumber
Belajar
Sumber
Belajar :
Buku
pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah, majalah dan internet
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1 (Pertama)
(2 Jam Pelajaran/80 menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta Didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang
peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan
peralatan yang diperlukan
3.
Peserta Didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan
dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi
sebelumnya.
4.
Peserta didik menerima informasi
tentang kompetensi, ruang
lingkup materi, tujuan,
manfaat, langkah pembelajaran,metode penilaian yang akan dilaksanakan
yang ditayangkan
5.
Guru bertanya mencari informasi
tentang struktur teks (pidato persuasif)
6.
Guru mengaitkan laporan percobaan yang
diajarkan dengan kehidupan nyata
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1. Klarifikasi Masalah
1.
Guru membagi peserta didik
menjadi beberapa
kelompok yang terdiri 4-5 orang
2.
Peserta didik dalam memperhatikan
dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan
permasalahan struktur teks (pidato persuasif)
3.
Peserta didik
dalam kelompok mengamati tayangan audiovisual
misalkan tentang masalah-masalah yang melibatkan struktur teks (pidato persuasif)
4.
Guru membagikan LK dan peserta
didik membaca petunjuk, mengamati LK
(LK berisi tentang permasalahan yang berhubungan
dengan struktur teks (pidato persuasif)
5.
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang
belum dipahami dari masalah yang disajikan
dalam LK serta
guru mempersilahkan peserta
didik dalam kelompok lain untuk memberikan
tanggapan, bila diperlukan
guru memberikan bantuan komentar secara klasikal
Langkah 2. Brainstorming
6.
Peserta didik melakukan diskusi
dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK
(misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah pemecahan
serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk bekerja sama untuk
menyelesaikan masalah berkaitan dengan struktur teks (pidato persuasif)
7.
Peserta didik dalam kelompok
melakukan brainstorming dengan cara sharing information, dan
klarifikasi informasi tentang permasalahan yang terdapat dalam struktur teks (pidato persuasif)
Langkah 3. Pengumpulan Informasi
dan Data
8.
Peserta didik masing-masing
kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi tentang permasalahan
berdasarkan petunjuk LK untuk:
9.
Menentukan struktur teks (pidato persuasif)
10.
Mengidentifikasi struktur teks (pidato persuasif)
11.
Menyelesaikan permasalahan
sehari-hari yang melibatkan struktur
teks (pidato persuasif)
12.
Peserta didik melakukan eksplorasi
seperti dalam poin 6, dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan
nyata
13.
Guru berkeliling mencermati
peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai kesulitan yang di alami
peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang
belum dipahami
14.
Guru memberikan bantuan kepada
peserta didik dalam kelompok untuk
masalah-masalah yang dianggap
sulit oleh peserta didik
15.
Guru mengarahkan peserta didik
dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan dengan cermat dan teliti
Langkah
4. Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian
Masalah
16.
Guru meminta peserta didik untuk
mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan
masalah terkait masalah yang diberikan
17.
Peserta didik dalam kelompok
masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan
menyimpulkan tentang struktur teks (pidato persuasif)
18.
Peserta didik dalam kelompok
menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang diberikan terkait struktur teks (pidato persuasif)
Langkah 5. Presentasi Hasil
Penyelesaian Masalah
19.
Beberapa perwakilan kelompok
menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah
dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah
dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil
diskusi dan pengamatan
20.
Peserta didik yang lain dan guru memberikan
tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengkonfirmasi,memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
Langkah 6. Refleksi
21.
Peserta didik
melakukan refleksi, resume
dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru
dari materi yang yang telah dipelajari terkait struktur teks (pidato persuasif)
22.
Guru memberikan apresiasi atas
partisipasi semua peserta didik
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam
menyelesaikan masalah struktur
teks (pidato persuasif)
2.
Melaksanakan postes
terkait struktur teks (pidato persuasif)
3.
Peserta didik mendengarkan arahan
guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
4.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah dipelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
5.
Guru memberikan tugas
|
10 menit
|
Penugasan:
1.
Sebutkan struktur
teks pidato!
2.
Hal apa saja yang
terdapat dalam pembukaan pidato?
3.
Bagaimana etika
dalam menyampaikan sapaan hormat?
4.
Sebutkan hal yang
biasa ada dalam penutup pidato!
5.
Identifikasilah
struktur teks pidato di atas!
|
Pertemuan 2
(Kedua) (3 Jam Pelajaran/120 menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik melakukan do’a
sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan
peralatan yang diperlukan
3.
Guru mengaitkan materi ciri kebahasaan pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.
Peserta didik menerima informasi
tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki
keterkaitan dengan materi sebelumnya.
5.
Peserta didik menerima informasi
tentang kompetensi, ruang
lingkup materi, tujuan,
manfaat, langkah pembelajaran,
metode penilaian yang akan dilaksanakan
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1. Merumuskan Pertanyaan
1.
Guru bertanya mencari informasi
tentang ciri
kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan
dibaca
2.
Guru meminta
peserta didik untuk
membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang
secara tertib
3.
Guru memberikan lembar kerja (LK
yang berisi petunjuk untuk menemukan
dan membuktikan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
4.
Guru membimbing dan memberikan
pertanyaan bagaimana cara menemukan
dan membuktikan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
dengan LK dan bahan yang telah diberikan sekaligus memotivasi/mendorong peserta didik untuk
menemukannya
Langkah 2. Merencanakan
5.
Guru memberikan informasi terkait
langkah-langkah pengumpulan dan menganalisis data terkait ciri kebahasaan pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
6.
Peserta didik melakukan
mengidentifikasi dan menganalisis LK dan bahan yang diberikan dalam kelompok
masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK
Langkah 3. Mengumpulkan Data dan
Menganalisis Data
7.
Peserta didik dalam kelompok
menggunakan bahan yang tersedia, misalkan melakukan pembuktian sesuai
intruksi yang ada dalam LK dengan mensimulasikan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
8.
Guru mengajukan pertanyaan terkait
dengan pembuktian pertama dan mengarahkan serta memotivasi peserta didik
untuk membuktikan kembali dengan alat/bahan model lain yang berbeda
9.
Peserta didik dalam kelompok
melakukan pengujian kembali dan mengolah data kembali dengan langkah yang
sama dengan menggunakan model peraga lain untuk membuktikan tentang ciri kebahasaan pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
(Analisis Data)
10.
Setelah diskusi
selesai, beberapa perwakilan kelompok menyajikan
secara tertulis dan
lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau
didiskusikan
Langkah 4. Aplikasi dan Tindak
Lanjut
11.
Peserta didik
memeriksa secara cermat
untuk membuktikan benar atau
tidaknya tentang pembuktian penemuan
tentang ciri kebahasaan pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
dengan hasil data yang telah diolah.
12.
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk
menemukan konsep, teori,
aturan melalui contoh-contoh dalam
kehidupan sehari-hari. Berdasarkan
hasil percobaan, pengolahan dan analisis data, peserta didik
dapat mengecek hipotesis yang diajukan
apakah terbukti atau tidak.
13.
Perwakilan beberapa kelompok
mempresentasikan dengan membuat
kesimpulan dari hasil penemuan
dalam hasil pembuktian tentang ciri kebahasaan pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
14.
Guru dan
peserta didik memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
|
90 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik
menyimpulkan materi yang
telah dipelajari dengan merespon
pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2.
Peserta didik merefleksi
penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan
materi.
3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan
4.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai
pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah bahasa Indonesia yang
berkaitan dengan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
5.
Melaksanakan postes
terkait tentang ciri kebahasaan pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
6.
Peserta didik mendengarkan arahan
guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah dipelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
8.
Guru memberikan tugas
|
20 menit
|
Penugasan:
1.
Sebutkan
unsur-unsur kebahasaan yang terdapat dalam pidato!
2.
Apa yang dimaksud
lafal dan nada?
3.
Apa perbedaan
antara nada dan intonasi?
4.
Apa saja yang
termasuk dalam intonasi?
5.
Bagaimana
kriteria kalimat yang efektif?
|
Pertemuan 3
(Ketiga) (2 Jam Pelajaran/80 menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik melakukan do’a
sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan
peralatan yang diperlukan
3.
Peserta didik menerima informasi
tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki
keterkaitan dengan materi sebelumnya.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan
Memotivasi Siswa
1.
Peserta didik menerima informasi
tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah
pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
2.
Guru bertanya mencari informasi tentang
menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau
pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan
kebahasaan, dan peserta didik
menjawab
3.
Guru mengaitkan materi tentang
menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau
pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan
kebahasaan yang diajarkan dengan kehidupan nyata
Langkah 2. Menyajikan Informasi
4.
Peserta didik diminta guru untuk
mengamati tayangan gambar/video misalkan tentang petunjuk yang harus
dilakukan berkaitan masalah yang diberikan dalam LK
Langkah 3. Mengorganisasikan Siswa
ke dalam Kelompok-kelompok Belajar
5.
Guru meminta peserta didik untuk
membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara
tertib
6.
Guru memberikan media dan Lembar
Kerja (LK yang berisikan tentang permasalahan:
a.
menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan
dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
7.
Peserta didik membaca petunjuk dan
mengamati LK yang diberikan oleh guru
8.
Tiap peserta dalam kelompok asal
mengamati LK materi yang berbeda yaitu:
a.
menuangkan
gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan
9.
Tiap peserta dari berbagai
kelompok yang mempunyai permasalahan materi yang sama membentuk kelompok baru
(kelompok ahli) dan mempelajari
dan memahami masalah
secara bersama
10.
Guru memberikan motivasi peserta
didik dalam kelompok ahli untuk
memberikan pertanyaan terkait
masalah yang mereka diskusikan
11.
Peserta didik dalam kelompok ahli
saling bertanya dan menjawab berdasarkan asumsi mereka.
12.
Peserta didik dalam kelompok ahli
melakukan diskusi pembahasan berdasarkan
permasalahan yang sama, meliputi materi:
a.
menuangkan
gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan
13.
Peserta didik dalam kelompok ahli
menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan
kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
Langkah 4. Membimbing Kelompok
Bekerja dan Belajar
14.
Guru memberikan bantuan kepada
peserta didik dalam kelompok ahli untuk masalah-masalah yang dianggap sulit
oleh peserta didik
15.
Guru mengarahkan peserta didik
dalam kelompok ahli untuk menghimpun
materi yang sudah dipelajari dan cermat dalam pemecahan
masalah yang diberikan
16.
Setelah diskusi dari kelompok ahli
selesai, peserta didik anggota kelompok
ahli kembali kepada kelompok asal
dan dalam kelompok
tersebut secara bergantian menjelaskan
tentang sub bab yang telah mereka pelajari dalam
kelompok ahli, dimana anggota yang
lain memperhatikan dan mengeksplor penjelasan dari teman
mereka yang sedang menjelaskan.
17.
Peserta didik dalam kelompok
ahli setelah melakukan pemahaman
maupun dari hasil eksplorasi maka
dalam diskusi kelompok
asal, tiap peserta didik mampu:
a.
menuangkan
gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan
18.
Peserta didik
dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk
dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang materi tersebut.
Langkah 5. Melakukan Evaluasi
19.
Beberapa perwakilan kelompok asal
menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah
dipelajari dalam diskusi
20.
Peserta didik yang lain dan guru
memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya.
Langkah 6. Memberikan Penghargaan
21.
Guru memberikan apresiasi dan
meminta peserta didik pada kelompok yang lain untuk memberikan tepuk tangan
kepada kelompok yang sudah presentasi
22.
Peserta didik melakukan resume dan
membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep
yang dipahami, keterampilan yang diperoleh
maupun sikap lainnya dari
hasil pembelajaran yang
telah dilakukan.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari
dengan merespon pertanyaan
guru yang sifatnya menuntun dan
menggali
2.
Peserta didik merefleksi
penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan
materi.
3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan
4.
Guru memberikan tugas mandiri
sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah bahasa Indonesia yang
berkaitan dengan menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan
dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
5.
Melaksanakan postes
terkait menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam
pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara
lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
6.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah di pelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
7.
Guru memberikan tugas
|
|
Penugasan:
1.
Sebutkan empat langkah dalam menyusun
teks pidato!
2.
Apa yang dimaksud dengan tema?
3.
Tulislah empat contoh tema pidato!
4.
Pilihlah salah satu tema tersebut
kemudian susunlah lima kalimat sebagai kerangkanya!
5.
Kembangkan kerangka tersebut menjadi
sebuah naskah pidato!
|
Pertemuan 4
(Keempat) (3 Jam Pelajaran/120 menit)
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik
melakukan do’a sebelum belajar
(meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan
peralatan yang diperlukan
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah 1. Menyampaikan Tujuan dan
Memotivasi Siswa
1.
Peserta didik
menerima informasi tentang
pembelajaran yang akan
dilaksanakan dengan materi yang
memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
2.
Peserta didik menerima informasi tentang
kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran,
metode penilaian yang akan dilaksanakan
3.
Guru bertanya mencari informasi
tentang menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau
pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan
kebahasaan dan peserta didik menjawab
4.
Guru mengaitkan materi laporan hasil pengamatan
dengan kehidupan nyata
Langkah 2. Menyajikan Informasi
5.
Guru meminta semua peserta didik
yang ada dalam kelompok untuk memperhatikan tampilan keseharian yang
berkaitan dengan menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau
pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan
kebahasaan melalui tayangan infokus/video
Langkah
3. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
6.
Guru meminta peserta didik untuk
membentuk kelompok menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara
tertib
7.
Guru memberikan lembar kerja (LK)
yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
8.
Guru membimbing kelompok diskusi
dalam mengerjakan LK yang telah diberikan
9.
Peserta didik melakukan diskusi
dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK
10.
Peserta didik masing-masing
kelompok dalam kelompok untuk membahas dan berdiskusi berdasarkan petunjuk LK
tentang:
a.
menuangkan
gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan
Langkah 4. Membimbing Kelompok
bekerja dan belajar
11.
Guru berkeliling melakukan
bimbingan kepada kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan arahan
untuk mengerjakan LK dengan media yang telah disediakan
Langkah 5. Melakukan Evaluasi
12.
Setelah diskusi selesai, beberapa
perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan
Langkah 6. Memberikan Penghargaan
13.
Guru memberikan penghargaan dengan
memberikan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah tampil mempresentasikan
hasil diskusinya
14.
Guru dan peserta didik memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya.
|
90 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari
dengan merespon pertanyaan
guru yang sifatnya menuntun dan
menggali
2.
Peserta didik merefleksi
penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan
materi.
3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan
4.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai
pelatihan keterampilan dalam
menyelesaikan masalah bahasa Indonesia yang berkaitan dengan teks pidato persuasif
5.
Melaksanakan postes terkait menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam
pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara
lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
6.
Peserta didik mendengarkan arahan
guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah di pelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet.
8.
Guru memberikan tugas
|
20 menit
|
Penugasan:
1.
Buatlah satu tema pidato yang berkaitan dengan masalah keagamaan!
2.
Buatlah lima kalimat sebagai kerangka pidato sesuai tema yang kamu
tentukan!
3.
Kembangkan kerangka tersebut menjadi sebuah naskah pidato persuasif
yang baik!
|
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a. Sikap
spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Lembar
Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian
untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment
for and
of
learning)
|
b. Sikap
sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Lembar
Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian
untuk dan
pencapaian
pembelajaran
(assessment
for and
of
learning)
|
2.
|
Penilaian
diri
|
Lembar
Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
sebagai
pembelajaran
(assessment
as
learning)
|
3.
|
Penilaian
antar
teman
|
Lembar
Observasi (Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
sebagai
pembelajaran
(assessment
as
learning)
|
c. Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Tes
Tulis
|
Pilihan
ganda, benar salah, menjodohkan,
isian,
dan/atau
lainnya
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Penilaian
untuk
pembelajaran
(assessment
for
learning)
dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
d. Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Proyek
|
Masalah sehari-hari berkaitan dengan struktur dan cirri kebahasaan teks pidato
persuasif
|
Carilah kegiatan di
sekitar kalian yang berkaitan dengan pidato persuasif. |
Di luar PBM
selama satu minggu |
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
(assessment for, as,
and of learning)
|
2. Pembelajaran
Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan
harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan
pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.
bimbingan
perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b.
belajar
kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.
3.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal
PAS.
corals bookmakers in the UK 우리카지노 계열사 우리카지노 계열사 クイーンカジノ クイーンカジノ fun88 fun88 624SuperLotto Play Days - ridercasino.com
ReplyDelete