Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Keluarga
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami
identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta
cara
perawatannya.
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa
Indonesia :
·
Mendengarkan
: Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·
Berbicara
: Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan
dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh,
dan deklamasi.
·
Membaca : Memahami teks pendek
dengan membaca nyaring.
·
Menulis
: Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengapresiasi karya seni musik.
7.
Basa Sunda : Mampu
membaca, memahami dan menanggapi berbagai bentuk
dan jenis wacana tulis ( teka) berupa kata-kata
lpas, kalimat lepas,
serta
wacana pendek
Kompetensi Dasar
:
1.
IPS :
·
Menceritaan
pengalaman
2. IPA :
·
Membiasakan
hidup sehat.
3. PKN :
·
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika :
·
Menyelesaikan masalah yang terkait penumlahan sampai dengan
20.
·
Menentukan
waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)
5.
Bahasa Indonesia :
·
Melaksanakan
sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana.
·
Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam cerita
·
Menyapa
orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat
dan bahasa yang
santun.
·
Mendeskripsikan
benda-benda sekitar dan fungsi anggota
tubuh dengan
kalimat sendiri
·
Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang
tepat.
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Mencontoh
huruf , kata, atau kalimat sederhana
dari buku atau papan tulis
dengan benar.
·
Melengkapi
kalimat yang belum selesai berdasarkan
gambar
6.
Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi
unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
7.
Basa Sunda :
·
Membaca
kata –kata lepas yang mengandung kata asal
dwisuku ( dua enggang )
Indikator :
1.
IPS :
·
Menyebutkan
nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas.
·
Menceritakan
tentang teman main di rumah.
·
Menceritakan
peristiwa masa kecil yang paling berkesan
2.
IPA:
·
Menjelaskan
keuntungan mencuci tangan sebelum makan.
·
Menjelaskan
keuntungan memotong kuku yang panjang .
·
Menjelaskan
keuntungan melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang
teratur agar tubuh
sehat dan kuat.
·
Memberikan
contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan. ( cuci tangan,
memotong kuku, olah raga
beristirahat dan tidur )
3.
PKN :
·
Menyebutkan
5 suku yang terbesar di Indonesia.
·
Membedakan
ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adat istiadat /budayanya.
·
Menjelaskan
arti dari semboyan Bhinka Tunggal Ika.
4.
Matematika :
·
Memecahkan
masalah sehari-hari yang yang terkait penjumlahan sampai dengan 20.
·
Memecahkan
masalah sehari-hari yang terkait pengurangan sampai 20.
·
Mengurangkan
bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0.
·
Mengenal
konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari yang sebentar dan lama.
5.
Bahasa Indonesia :
·
Mendemontrasikan
sesuatu sesuai perintah atau permintaan
guru.
·
Menceritakan
kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
·
Menjawab
pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·
Memperagakan
tokoh dongeng di depan kelas.
·
Menyapa
teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan
bahasa cara yang santun
·
Bercerita
berdasarkan gambar.
·
Memasangkan
gambar buah dengan nama dan ciri-cri yang tepat.
·
Mengenali
huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata-kta dan kalimat sederhana.
·
Membaca
nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Membaca
teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·
Menyalin
/ mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar.
·
Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan
menyalinnya pada buku sendiri.
§ Melengkapi kalimat yang belum selesai
sesuai dengan gambar.
6.
Seni Budaya dan Keterampilan. :
·
Menentukan
sumber bunyi.
·
Membedakan
bunyi alam dan bunyi buatan.
·
Membedakan
panjang dan pendeknya bunyi.
·
Menjelaskan
rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan
7. Basa Sunda
:
·
Mengucapkan
kata-kata asal yang terdiri dari dua suku ( 2 engang ) dan menggunakan vokal
e`. e, dan eu konsonan yang sama.
·
Mengucapkan
kata-kata asal yang terdiri dari dua suku ( 2 engang ) dan menggunakan vokal
e`. e, dan eu konsonan yang berbeda.
·
Mengucapkan
kata-kata asal yang terdiri dari dua
suku kata.
·
Mengucapkan
kata-kata asal yang menggunakan fonem rangkap : ng dan ny
I. Tujuan
Pembelajaran :
·
Siswa
dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan pengalaman.
·
Siswa
dapat menjelaskan cara dan keuntungan merawat kebersihan tubuh.
·
Siswa
dapat menyebutkan 5 suku bangsa yang terbesar di Indonesia.
·
Siswa
dapat menyebutkan ciri-ciri dari tiap suku bangsa ( bahasa, adat istiadat,
budayanya).
·
Siswa
dapat menjelaskan Bhineka tunggal ika.
·
Siswa
dapat memecahkan permasalahan sehari-hari yang terkait penjumlahan dan
pengurangan hasil sampai 20.
·
Siswa
dapat mengurangkan bilangan dengan bilangan iyu sendiri sehingga hasilnya 0
·
Siswa
dapat mengenal konsep waktu.
·
Siswa
dapat melakukan sesuatu sesuai dengan permintaan.
·
Siswa
dapat menceritakan isi serta menjawab
pertanyaan seputar isi dongeng.
·
Siswa
dapat menyapa teman, guru, orang tua dengan bahasa sederhana yang santun.
·
Siswa
dapat menceritakan gambar seri atau tunggal.
·
Siswa
dapat mendeskripsikan benda.
·
Siswa
dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang
benar.
·
Siswa
dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk
huruf/ tulisan yang baik.
·
Siswa
dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
·
Siswa
dapat menyebutkan sumber bunyi, jenis bunyi, dan memperagakannya.
·
Siswa
dapat membaca kata0kata lepas yang mengandung dwisuku.
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Peristiwa
masa kecil
·
Kebutuhan
tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat.
·
Hidup
rukun dalam perbedaan.
·
Oprasi
hitung bilangan.
·
Satuan
pengukuran.
·
Kalimat
perintah
·
Kalimat
sapaan
·
Deskripsi
benda-benda di sekitar.
·
Membaca
nyaring.
·
Menjiplak
dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.
·
Unsur-unsur
musik dan bunyi berdasarkan pengalaman musik.
·
Maca
kecap.
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
·
Melalui
penjelasan guru dan pengalaman, siswa dapat menjelaskan keuntungan merawat
anggota tubuh agar tetap bersih dan sehat.
·
Menjelaskan
alasan mencuci tangan, dan menjelaskan keuntungan mencuci tangan.
·
Memeragakan
mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau sesudah melakukan kegiatan yang
menyebabkan tangan menjadi kotor.
·
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menceritakan nama suku bangsa yang ada di Indonesia.
·
Melalui
diskusi dan tanya jawab siswa dapat mengelompokkan suku bangsa yang terbesar
·
Menyebutkan
5 suku terbesar yang diketahui siswa
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Mengerjakan
soal penjumlahan.
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika )
·
Dengan menyimak petunjuk dan perintah
guru, siswa dapat mendemontrasikan sesuatu perintah atau pemintaan dengan baik.
·
Perintah dan permintaan terdiri
dari kalimat perintah yang diucapkan guru.
·
Melalui cerita guru sebagai
motivasi, siswa diingatkan kembali pada peristiwa ketika sekolah di Taman Kanak-kanak.
·
Menyebutkan nama guru dan
beberapa teman di Taman Kanak-kanak.
·
Menceritakan peristiwa yang
berkesan selama di taman Kanak-kanak.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Mengerjakan
soal penjumlahan jumlah soal 5
Peretemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Melakukan
menyimak dongeng yang dibacakan guru , siswa dapat menceritakan kembali isi
dongeng dengan bahasa sendiri.
·
Mengemukakan
pendapat tentang perilaku tokoh pada
dongeng tersebut.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Mengerjakan
soal penjumlahan. Jumlah soal 10 soal
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Melalui
cerita dongeng yang dibaca kembali oleh guru, siswa menjawab pertanyaan tentang isi
dan tokoh dalam dongeng.
·
Memperagakan
tokoh dalam dongeng dengan ekspresi yang baik.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Mengerjakan
soal penjumlahan jumlah soal 15.
.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Mengucapkan
kata –kata asal yang terdiri dari dua suku ( 2 engang) dan menggunakan vokal
e`, e, dan eu dengankonsonan yang sama.
·
Memilih
kartu huruf untuk menyusun menjadi kata.
·
Membacadengan
suara nyaring tiap kata.
·
Menuliskannya
di papan tulis dari susunan kartu huruf tersebut.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Mengerjakan
soal pengurangan , jumlah soal 5 butir.
·
Melalui
penjelasan guru, siswa menirukan kalimat sapaan yang diucapkan guru.
·
Mengucapkan kalimat sapaan tanpa din\bimbing guru, dengan lafal dan
intonasi yang benar.
·
Membentuk
kelompok untuk peragaan kalimat sapaan.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
·
Melalui motivasi dan arahan
guru, siswa melakukan gerakan yang menghasilkan bunyi.
·
Mengelompokkan sumber bunyi,
terdiri dari bunyi buatan dan bunyi alami.
·
Memperagakan bunyi buatan.
·
Tiap kelompok memperagakan
percakapan yang menggunkan kalimat sapaan di depan teman-temannya.
·
Peragaan dilakukan tanpa teks
agar ekspresinya lebih baik.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
- Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan keuntungan menggunting kuku.
- Melalui diskusi sederhana yang dipandu guru, siswa dapat menyebutkan akibat bila kuku panjang.
- Memeriksa kuku temannya, menganjurkan pemotongan kuku bagi yang berkuku panjang.
- Melalui contoh dan pengalaman siswa, dapat menjelaskan hal-hal yang membedakan sebagai ciri dari tiap suku bangsa.( bahasa, adat istiadat, kebiasaan, makanan,dll)
- Mengerjakan LKS tentang nama teman yang berbeda suku.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Mengerjakan
soal pengurangan jumlah soal 10 butir..
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika )
·
Memperhatikan gambar yang
ditampilkan di depan kelas.
·
Siswa memberikan pendapatnya
tentang gambar, lalu diarahkan oleh guru tentang cerita dalam gambar tersebut.
·
Mendengarkan cerita guru
tentang pasa buah-buahan.
·
Menjawab pertanyaan tentang
cerita yang disampaikan guru.
·
Melalui cerita yang bersifat
mengingatkan , siswa dapat menceritakan teman dan suasan bermain di rumah.
·
Menceritakan kegiatan yang dapat
dilakukan bersama teman di rumah.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Mengerjakan
soal pengurangan jumlah soal sampai 15 butir..
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Memperhatikan
gambar buah-buahan yang ditempel di papan tulis.
·
Siswa
dimotivasi untuk menyampaikan ciri-ciri dari buah-buahan yang di tempel di
papan tulis tersebut.
·
Setelah
memberikan deskripsi tentang buah-buahan tersebut, siswa menempelkan gambar
buah pada kelompok yang ditentukan,
·
Pengelompokan
berdasarkan pada warna dan rasa.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Mengerjakan
soal penjumlahan dan pengurangan jumlah soal 10 butir.
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Mengingatkan
kembali huruf yang telah dipelajari melalui kartu huruf, suku kata , kata dan
kalimat.
·
Mengenalkan
huruf t sebagai tambahan huruf-huruf yang sudah dipelajari.
·
Menyusun
kartu huruf agar membentuk suku kata , kata dan kalimat yang disusun dari huruf
yang sudah dipelajari.
·
Membaca
tiap kata, dan kalimat dengan suara nyaring dengan cara individual dan
klasikal.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Melalui
demontrasi dengan benda konkrit siswa dapat menemukan 0 sebagai hasil pengurangan bilangan dengan bilangan
itu sendiri
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Mengucapkan
kata –kata asal yang terdiri dari dua suku ( 2 engang) dan menggunakan vokal
e`, e, dan eu dengan konsonan yang berbeda.
·
Memilih
kartu huruf untuk menyusun menjadi kata.
·
Membacadengan
suara nyaring tiap kata.
·
Menuliskannya
di papan tulis dari susunan kartu huruf tersebut
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Melalui
demontrasi dengan benda konkrit siswa dapat menemukan 0 sebagai hasil pengurangan bilangan dengan bilangan
itu sendiri
·
Membaca
berulang-ulang kata dan kalimat yang tertulis di papan tulis.
·
Membaca
dengan suara nyaring tiap kata dan kalimat secara individual.
Pertemuan ke enam 3x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa
Indonesia)
- Membedakan bunyi yang pelan, bunyi yang keras.
- Memperagakan bunyi yang keras dan bunyi yang pelan
- Menjelaskan arti dinamik.
·
Membaca
kata dan kalimat yang tertera di buku sumber dengan suara nyaring secara individual dan klasikal.
·
Bermain
kartu huruf, sekelompok membacanya dan kelompok lain menyusunnya.
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
- Melalui diskusi sederhana, siswa dapat menyebutkan keuntungan berolah raga.
- Menyebutkan jenis olah raga yang bisa dilakukan oleh siswa.
- Menyebutkan kerugian bila tidak berolah raga.
- Melalui kemampuan membaca dan latihan, siswa dapat melafalkan semboyan bhineka tunggal ika.
- Melalui pencarian informasi siswa dapat menyebutkan arti dari semboyan bhineka tunggal ika.
- Mengambil kesimpulan dari semboyan bhineka tunggal ika, bahwa walau indonesia berbeda suku, adat istiadat, bahasa, namun tetap satu negara kesatuan Indonesia, tetap bahasa pemersatunya bahasa Indonesia, dan satu tanah air yaitu Indonesia.
·
Melalui
pengalaman siswa dapat mengungkapkan
contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk megungkapkan fakta
matematika dalam kehidupan nyata.
·
Melalui
demontrasi dengan benda konkrit siswa dapat menemukan 0 sebagai hasil pengurangan bilangan dengan bilangan
itu sendiri
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
IPS, Matematika )
·
Membaca beberapa kalimat
sedrhana yang tergabung menjadi tek s pendek dengan intonasi dan lafal yang
tepat.
·
Membaca teks pendek yang
membentuk cerita atau kalimat berita.
·
Membaca dengan suara nyaring
dengan cara individual dan klasikal.
·
Melalui cerita guru untuk
mengingatkan kembali, siswa dapat menceritakan pengalaman/ peristiwa yang
berkesan pada saat masih kecil.
·
Menceritakannya pada teman di
kelas.
·
Membuat kesimpulan bahwa cerita
yang berkesan menjadi pengalaman yang berharga yang tidak dapat diulang pada
masa yang akan datang.
·
Melalui pengalaman dan
penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang
dilakukan sehari-hari
·
Untuk mengenal konsep waktu
siswa mengelompokkan kegiatan yang dilakukan dengan istilah lama dan sebentar.
·
Menyebutkan kegiatan yang dilakukan
lama.
·
Menyebutkan kegiatan yang
dilakukan sebentar.
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Menjiplak
dan menebalkan huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf lepas yang benar.
·
Menuliskan
kata dan kalimat yang ditulis guru di
papan tulis dengan tulisan huruf lepas.
·
Menuliskan
kata dan kalimat yang didiktekan guru.
·
Melalui pengalaman dan
penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang
dilakukan sehari-hari
·
Untuk mengenal konsep waktu
siswa mengelompokkan kegiatan yang dilakukan dengan istilah lama dan sebentar.
·
Membandingkan kegiatan yang
dilakukan lama dengan kegiatan yang dilakuna sebentar.
.
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Menyalin
kalimat sederhana dari papan tulis ke
dalam buku tulis sendiri dengan menggunakan huruf lepas.
·
Menyalin
kalimat ke dalam tulisan tegak bersambung.
·
Melalui pengalaman dan
penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang
dilakukan sehari-hari
·
Untuk mengenal konsep waktu
siswa mengelompokkan kegiatan yang dilakukan dengan istilah lama dan sebentar.
·
Mengerjakan
LKS yang berisi gambar-gambar kegiatan yang dilakukan sebentar dan lama
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Mengucapkan
kata –kata asal yang terdiri dari dua suku ( 2 engang) dan menggunakan vokal
e`, e, dan eu dengan konsonan berbeda..
·
Memilih
kartu huruf untuk menyusun menjadi kata.
·
Membacadengan
suara nyaring tiap kata.
·
Menuliskannya
di papan tulis dari susunan kartu huruf tersebut
·
Melalui pengalaman dan
penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang
dilakukan sehari-hari
·
Untuk mengenal konsep waktu
siswa mengelompokkan kegiatan yang dilakukan dengan istilah lama dan sebentar.
·
Menyimpulkan konsep lama dan sebentar sebagai awal dari konsep jam, hari, dan
bulan.
·
Mengamati
gambar alat tulis yang diperlihatkan guru,
·
Melengkapi
kalimat berdasarkan gambar tersebut agar menjadi kalimat yang sempurna.
·
Membaca
kalimat tersebut dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Menyalin
kalimat tersebut ke dalam tulisan huruf lepas yang baik.
Pertemuan ke enam 3x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa
Indonesia)
·
Memperhatikan contoh bunyi
lemah dan bunyi yang keras.
·
Menyebutkan contoh yang lain
dari bunyi yang lemah dan bunyi yang keras.
·
Menjelaskan istilah kresendo
dan dekresendo
·
Mengamati
gambar alat pertanian yang diperlihatkan
guru,
·
Melengkapi
kalimat berdasarkan gambar tersebut agar menjadi kalimat yang sempurna.
·
Membaca
kalimat tersebut dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Menyalin
kalimat tersebut ke dalam tulisan huruf lepas yang baik.
C. Kegiatan akhir
·
Membuat
kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
·
Mengerjakan
post tes
·
Pemberian
PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
·
Alat
Peraga :
1.
Gambar
makanan sehat dan makanan tidak sehat..
2.
Gambar
keluarga dari majalah / foto keluarga.
3.
Kartu
huruf
4.
Kartu
bilangan.
5.
Manik-manik,
kelereng, batu-batuan, kerang.
6.
rebana,
suling, botol, gelas ( sumber bunyi buatan )
7.
Sampel
air bersih dan tidak bersih.
VI. Penilaian
Teknik Tes :
·
Tes
lisan.
1. Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat
dalam diskusi kecil..
2. Ketepatan jawaban.
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak
pertanyaan.
·
Tes
tertulis
1. pilihan ganda
2. isian.
·
Tes
perbuatan.
Bentuk Tes :
1. Objektif tes
2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
No comments:
Post a Comment